Rp 127 M dari Ajax ke Abdelhak Nouri yang Alami Cedera Otak Permanen

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 22 Feb 2022 12:51 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - NOVEMBER 24:  Lasse Schone of Ajax (C) celebrates with Amin Younes (L) and Abdelhak Nouri (R) as he scores their first goal during the UEFA Europa League Group G match between AFC Ajax and Panathinaikos FC at Amsterdam Arena on November 24, 2016 in Amsterdam, Netherlands.  (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Ajax bayar kompensasi Rp 127 miliar kepada keluarga Abdelhak Nouri. (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Amsterdam -

Kabar bahagia untuk keluarga mantan pemain Ajax Amsterdam Abdelhak Nouri. Ajax resmi membayar kompensasi atas cedera otak permanen Nouri.

Nouri tersungkur di atas lapangan saat membela Ajax Amsterdam di uji coba melawan Werder Bremen pada 2017. Kejadian itu membuatnya mengalami cedera kerusakan otak yang parah dan permanen, yang disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen.

Kondisi itu membuat Appie, panggilan Nouri, tidak bisa bermain sepakbola lagi. Pada 2020 lalu, sempat muncul kabar kalau Nouri mulai bangkit dari masa komanya.

Tapi, hingga saat ini tidak ada perkembangan terbaru soal kondisi pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut. Ajax sempat rutin membayar gaji Nouri selama tiga tahun sebelum kontraknya diputus Maret 2020, ketika pandemi COVID-19.

Namun, Ajax tetap menunjukkan rasa pedulinya kepada mantan pemain didikan akademinya tersebut. Dua tahun berselang, Ajax mencapai kata sepakat dengan keluarga Nouri soal kompensasi insiden tersebut.

Ajax disebut bersedia membayar 7,85 juta euro atau sekitar Rp 127 miliar kepada keluarga Nouri. Ajax mengakui kalau insiden yang dialami Nouri dikarenakan kegagalan medis di lapangan dan kealpaan akan efek kerusakan pada otak.

"Kami semua sadar penderitaan Abdelhak dan keluarga tercintanya belum berakhir. Kondisinya masih menyedihkan, Ajax pun merasa demikian," ujar Manajer Umum Ajax Edwin van der Sar seperti dikutip ESPN.

"Kami semua sangat mengapresiasi cara keluarganya merawat Abdelhak siang dan malam, dengan penuh cinta dan perhatian. Saya selalu disambut terbuka oleh keluarganya ketika berkunjung ke sana," sambungnya.

"Itu juga berlaku untuk seluruh kolega kami di Ajax dan kami sangat menghargainya."

Ajax Amsterdam kabarnya juga akan memensiunkan seragam nomor 34 milik Abdelhak Nouri.

(mrp/cas)