ADVERTISEMENT

Pelatih Klub Ukraina Shakhtar Donetsk Tewas Kena Serpihan Peluru Rusia

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 04 Mar 2022 18:20 WIB
The Sevit floating island is lit in the colour of Ukraine national flag in support of Ukrainians following Russias invasion against Ukraine, in Seoul, South Korea, March 2, 2022. REUTERS/Kim Hong-Ji
Dukungan terhadap Ukraina yang sedang diserang Rusia mengalir dari seluruh dunia. (Foto: REUTERS/KIM HONG-JI)
Jakarta -

Invasi Rusia ke Ukraina memakan korban dari lapangan hijau lagi. Pelatih tim muda Shakhtar Donetsk tewas kena serpihan peluru militer Rusia.

Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari lalu. Perang ini diperkirakan sudah menewaskan sekitar 9100 orang dan membuat setidaknya 1 juta penduduk Ukraina mengungsi ke negara-negara lainnya seperti dilaporkan Reuters.

Di antara korban-korban tersebut, salah satunya adalah pelatih tim muda Shakhtar Donetsk. CEO Shakhtar Serhiy Palkin mengumumkan bahwa sang pelatih terkena pecahan peluru tentara Rusia.

Ia juga mendesak warga Rusia untuk bergerak menghentikan pemerintahnya melakukan agresi ke Ukraina. Itu demi menghindari jatuhnya korban-korban lainnya.

"Salah satu karyawan kami terbunuh kemarin. Dia adalah pelatih tim anak-anak. Die terbunuh oleh fragmen peluru Rusia," tulis CEO Shakhtar Serhiy Palkin.

"Di olahraga, rasa takut adalah perasaan yang mengurangi kemungkinan menang menjadi nol. Rasa takut kalian untuk mengungkapkan penolakan terhadap perang di Ukraina menghancurkan kota-kota, rasa takut kalian itu berarti ribuan kematian dari warga sipil, rasa takut kalian adalah kematian anak-anak dan termutilasinya nasib jutaan orang."

"Rasa takut kalian untuk melawan rezim berdarah adalah kekalahan terbesar kalian," sambung Serhiy Palkin.

Sebelumnya, dua pesepakbola Ukraina juga tewas akibat serangan Rusia. Mereka adalah Dmytro Martynenko (FC Gostomel) dan Vitalii Sapylo (Karpaty Lviv).

Martynenko meninggal setelah apartemennya hancur akibat diledakkan militer Rusia. Sapylo tewas dalam pertempuran, di mana ia merupakan perwira dengan pangkat komandan tank.

(raw/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT