'Finalissima' Italia Vs Argentina Dihelat di Wembley 1 Juli

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Mar 2022 09:20 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 12: General view outside the stadium prior to the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between England and Albania at Wembley Stadium on November 12, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Finalissima Italia vs Argentina dihelat di Wembley 1 Juli (Getty Images/Laurence Griffiths)
Nyon -

Italia dan Argentina akan memanggungkan duel Finalissima tengah tahun ini. Venue-nya sudah dipilih yakni Wembley Stadium pada 1 Juli.

Italia dan Argentina meraih gelar di regional masing-masing tahun lalu. Argentina memenangi Copa America 2021 dengan membungkam Brasil di laga final yang berlangsung di Maracana pada 10 Juli lalu.

Sehari berselang, giliran Gli Azzurri yang menjuarai Euro 2020 lewat adu penalti dramatis 3-2, setelah hanya bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Setelah itu muncul wacana untuk mempertemukan keduanya sekaligus melanjutkan hubungan baik antara dua konfederasi tempat Argentina dan Italia bernaung, yakni UEFA dan CONMEBOL.

Pasalnya, laga serupa sempat terjadi pada 1993 saat Denmark yang kala itu berstatus juara Eropa 1992 bertemu Argentina yang baru saja menjuarai Copa America. Argentina lantas menang adu penalti di Artemio Franchi, Florence, Italia.

Setelah itu belum pernah ada juara Eropa dan juara Copa America dipertemukan. Paling-paling hanya di level klub, yakni Piala Interkontinental saat juara Liga Champions bertemu juara Copa Libertadores.

Setelah menunggu hampir tiga dekade, UEFA dan CONMEBOL akhirnya menetapkan tanggal 1 Juli sebagai waktu duel Italia vs Argentina. Wembley Stadium di London, Inggris terpilih sebagai venue laga yang disebut-sebut sebagai 'Finalissima' itu.

"Ini akan memberikan kesempatan fans melihat dua juara terbaik di dunia bertemu di laga CONMEBOL-UEFA Cup of Champions," ujar pernyataan resmi UEFA.

"Setelah terakhir kali dihelat 29 tahun lalu, duel legendaris ini kembali lahir dari kerjasama yang sudah terjalin lama antara UEFA dan CONMEBOL. Ini juga jadi katalis untuk perkembangan sepakbola secara global yang menyatukan banyak negara, benua, dan budaya. Serta menunjukkan kepada fans di seluruh dunia bahwa sepakbola bisa menghibur di saat sulit seperti ini."

(mrp/pur)