Ibunda Mancini: Balotelli Harusnya Dipanggil ke Timnas Italia

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 26 Mar 2022 09:00 WIB
FLORENCE, ITALY - JANUARY 26: Head coach Italy Roberto Mancini reacts during a Italy training session at Centro Tecnico Federale di Coverciano on January 26, 2022 in Florence, Italy. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Roberto Mancini harusnya memanggil Mario Balotelli (Getty Images/Claudio Villa)
Roma -

Ibunda Roberto Mancini, Marianna Puolo, menilai Mario Balotelli harusnya dipanggil ke Timnas Italia. Jika ada Balotelli, nasib Gli Azzurri tak senaas sekarang.

Italia selaku juara Eropa tahun lalu mendapat pukulan telak dalam upayanya mengejar tiket lolos ke Piala Dunia 2022. Menjamu Makedonia Utara pada laga semifinal playoff, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB, Italia seharusnya bisa menang mudah.

Tapi, faktanya Italia malah keok setelah kalah 0-1 lewat gol di masa injury time. Itu artinya Italia gagal ke Piala Dunia untuk dua edisi beruntun setelah di edisi Rusia 2018. Ini tentu jadi kemunduran untuk sepakbola Italia yang belum setahun lewat berpesta juara Euro 2020.

Kekalahan itu harusnya tidak terjadi mengingat Italia tampil dominan dengan 65 persen ball possesion dan membuat 32 attempts! Sayangnya dari 32 kali percobaan, hanya lima yang mengarah ke gawang.

Persoalan di lini serang Italia boleh dibilang belum selesai. Absennya Federico Chiesa karena cedera ligamen lutut belum bisa digantikan pemain berpengalaman macam Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, atau Domenico Berardi.

Padahal ketiganya punya catatan gol luar biasa di Serie A musim ini. Sebut saja Berardi yang tak cuma piawai bikin 14 gol, tapi juga mendonasikan 14 assist. Namun, begitu masuk ke timnas, para pemain depan itu langsung memble.

Melihat kondisi Italia saat ini, Puolo turut sedih karena anaknya Mancini gagal melanjutkan tren positif tahun lalu. Menurutnya, Italia bisa saja lolos dan mencetak banyak gol jika Balotelli dipanggil.

Balotelli sejatinya sempat digadang bakal masuk skuat playoff, tapi Mancini tidak melakukannya. Terakhir kali Balotelli main untuk Italia pada ajang UEFA Nations League kontra Polandia Juli 2018.

Padahal Balotelli jadi salah satu striker tertajam Italia saat ini dengan 14 gol dari 36 caps, lebih baik dari Immobile yang punya 15 gol dari 55 caps. Selain itu, Mario Balotelli juga punya pengalaman bermain di level tinggi seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

"Harusnya bisa lebih baik, tapi inilah sepakbola, kadang beruntung kadang tidak. Kami harusnya bisa memenangi laga itu, tapi lini serang jelek," ujar Puolo seperti dikutip Football Italia.

"Kalau saya jadi Mancini, saya akan memanggil Ballotelli karena dia punya kekuatan fisik yang luar biasa dan tidak ada yang bisa menghentikannya," sambungnya.

(mrp/raw)