Olivier Giroud Dekati Rekor Thierry Henry di Timnas Prancis

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 26 Mar 2022 10:30 WIB
Frances Olivier Giroud celebratres after scoring his sides first goal with a header during an international friendly soccer match between France and Cote dIvoire at the Velodrome stadium in Marseille, southern France, Friday, March 25, 2022. (AP Photo/Daniel Cole)
Olivier Giroud merapat ke rekor Thierry Henry. (Foto: AP/Daniel Cole)
Jakarta -

Olivier Giroud menambah koleksi golnya untuk tim nasional Prancis dengan torehan lawan Pantai Gading. Ia kini cuma berjarak lima gol dari rekor baru.

Olivier Giroud menyumbang satu gol, kala Prancis mengalahkan Pantai Gading 2-1 di Stade Orange Velodrome, Marseille, Sabtu (26/3/2022) dini hari WIB. Satu gol lain Prancis pada laga uji coba itu dibuat oleh Aurelian Tchouameni, yang menentukan kemenangan Les Blues di masa injury time.

Buat Giroud, satu gol di laga ini membawanya ke catatan 47 gol bersama tim nasional Prancis. Pemain AC Milan itu membukukannya dalam 111 penampilan, atau dengan rasio 0.42 gol per laga.

Tambahan satu gol ini mendekatkannya ke catatan top skor Prancis Thierry Henry. Henry masih memimpin daftar pencetak gol timnas dengan 51 gol, alias empat gol lebih banyak dari Giroud.

Artinya Giroud bisa mengukir rekor baru jika berhasil menambah lima gol. Kesempatan itu niscaya terbuka, apalagi jika ia masih dipercaya sampai Piala Dunia 2022 akhir tahun ini di Qatar.

Meski demikian, Giroud juga punya 'ancaman'. Sebab Antoine Griezmann tak terlalu jauh di belakangnya dengan torehan 42 gol. Dengan usia empat tahun lebih muda, Griezmann di atas kertas punya peluang besar juga untuk memecahkan rekor.

(raw/mrp)