Chile & Kolombia Tak Lolos Piala Dunia 2022

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 30 Mar 2022 09:09 WIB
PUERTO ORDAZ, VENEZUELA - MARCH 29: Harold Preciado of Colombia reacts to knowing that his team is out of the world cup after the FIFA World Cup Qatar 2022 qualification match between Venezuela and Colombia at Estadio Cachamay on March 29, 2022 in Puerto Ordaz, Venezuela. (Photo by Edilzon Gamez/Getty Images)
Kemenangan tak cukup untuk menjaga kans Kolombia lolos ke Piala Dunia 2022. (Foto: Getty Images/Edilzon Gamez)
Jakarta -

Chile dan Kolombia dipastikan absen dari Piala Dunia 2022 di Qatar. Kemenangan Kolombia tak cukup, sementara Chile menelan kekalahan.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan praktis menggelar partai terakhirnya, Rabu (30/3/2022) pagi WIB ini. Sejumlah negara dalam posisi terjepit dan wajib menang, sembari berharap negara lainnya gagal meraih poin.

Chile dan Kolombia dalam situasi tersebut. Mereka mesti berharap Peru tersandung saat menghadapi Paraguay demi menjaga kans lolos, yang mana pada akhirnya tak terwujud.

Peru mengawali laga kontra Paraguay dengan apik dan sudah unggul melalui Gianluca Lapadula dalam lima menit pertama. Victor Yotun menggandakan keunggulan tersebut pada menit ke-42, yang mana memastikan kemenangan 2-0.

Kolombia memenuhi target mereka yakni wajib menang. Penalti James Rodriguez memenangkan Kolombia 1-0 di markas Venezuela.

Sementara Chile malah kalah. Menghadapi tim kuat Uruguay, Alexis Sanchez dkk takluk 0-2 akibat gol-gol dari Luis Suarez dan Federico Valderde pada menit ke-79 dan 90.

Kemenangan Peru membuat hasil yang dipetik Kolombia tak berarti. Mereka menjaga posisi lima dengan 24 poin, yang mana jadi kesempatan terakhir untuk lolos ke Piala Dunia 2022 melalui jalur play-off interkonfederasi.

Kolombia menuntaskan kualifikasi di posisi keenam, satu poin tertinggal dari Peru. Sementara Chile finis di urutan ketujuh dengan 19 poin usai kekalahan pagi ini, disusul oleh Paraguay, Bolivia, dan Venezuela.

Empat tim yang lolos langsung adalah Brasil, Argentina, Uruguay, dan Ekuador. Brasil dan Argentina sudah memastikan kelolosan sejak November tahun lalu dan Ekuador-Uruguay sudah mengunci tiket Piala Dunia 2022 pada 24 Maret kemarin.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan

  • Bolivia 0-4 Brasil
  • Ekuador 1-1 Argentina
  • Peru 2-0 Paraguay
  • Chile 0-2 Uruguay
  • Venezuela 0-1 Kolombia
(raw/rin)