Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Dirilis

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 30 Mar 2022 21:30 WIB
Herzogenaurach -

Piala Dunia 2022 di Qatar akan digelar akhir tahun ini. Bola yang akan dipakai pemain top di ajang itu diperkenalkan, dan diberi nama Al Rihla.

Adidas, produsen apparel olahraga, merilis bola Piala Dunia 2022. Melansir BBC, bola itu diberi nama Al Rihla.

Dalam bahasa Arab, Al Rihla berarti 'Perjalanan'. Nama itu diberikan karena diklaim bola bisa melesat lebih cepat di udara ketimbang bola-bola sebelumnya.

"Permainan ini semakin cepat dan, saat semakin cepat, akurasi dan stabilitas penerbangan menjadi sangat penting," kata direktur desain Adidas, Franziska Loeffelmann.

"Desain baru memungkinkan bola mempertahankan kecepatannya secara signifikan lebih tinggi saat bergerak di udara," katanya.

Bola itu punya warna dasar putih, dengan motif segitiga berwarna biru, merah, hitam, dan kuning. Tersemat juga logo Adidas dan Piala Dunia 2022 di Qatar di bagian tengahnya.

Adidas sendiri telah memproduksi bola Piala Dunia sebanyak 14 kali berturut-turut. Al Rihla menjadi yang terbaru.

Soal kecepatan melayang bola di udara, FIFA pernah angkat suara setelah Jabulani, bola Piala Dunia 2010, dikritik banyak pemain. Kemudian di Piala Dunia 2018, Adidas juga mengganti bola di babak knockout.

Piala Dunia 2022 akan digelar pada 21 November-18 Desember 2022. Sebanyak 27 tim sudah memastikan lolos ke putaran final, tinggal menyisakan lima peserta lagi.

(yna/krs)