Ruud van Nistelrooy Ditunjuk Jadi Pelatih PSV Eindhoven

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 31 Mar 2022 03:00 WIB
Ruud van Nistelrooy ditunjuk sebagai pelatih baru PSV Eindhoven. Eks bomber Manchester United itu mulai aktif melatih klub Belanda tersebut musim depan.
Ruud van Nistelrooy (kiri) menjadi pelatih anyar PSV Eindhoven. (Foto: dok. PSV Eindhoven)
Eindhoven -

Ruud van Nistelrooy ditunjuk sebagai pelatih baru PSV Eindhoven. Eks bomber Manchester United itu mulai aktif melatih Rood-witten musim depan.

PSV mengumumkan penunjukkan Nistelrooy sebagai pelatih anyar, Rabu (30/3/2022). Nistelrooy dipilih menggantikan Roger Schmidt yang kontraknya habis akhir musim ini.

"PSV telah menunjuk mantan striker berusia 45 tahun Ruud van Nistelrooy sebagai pelatih baru mereka dengan kontrak 2025 untuk menggantikan Roger Schmidt yang akan meninggalkan jabatannya pada akhir musim ketika kontraknya berakhir," begitu isi pernyataan resmi PSV.

Ruud van Nistelrooy sendiri sudah tidak asing dengan PSV Eindhoven. Legenda Timnas Belanda itu pernah bermain di sana pada 1998-2001 dan mempersembahkan dua trofi Eredivisie ke Phillips Stadium.

Selepas kariernya di PSV, Van Nistelrooy meninggalkan Belanda dan bergabung ke Manchester United (Inggris), Real Madrid (Spanyol), serta Hamburg SV (Jerman). Dia pensiun pada 2012 di klub Laliga, Malaga.

Van Nistelrooy melanjutkan karier sebagai pelatih selepas gantung sepatu dan direkrut sebagai asisten pelatih Timnas Belanda. Dia kemudian membesut tim yunior PSV pada 2018, sebelum akhirnya promosi ke tim utama empat tahun kemudian.

"Impian saya selalu menjadi pelatih kepala di PSV. Saya telah bekerja secara intensif dengan Toon Gerbrands, manajer umum PSV saat ini, selama beberapa musim terakhir," kata Van Nistelrooy seperti dilansir dari laman resmi PSV.

"Saya yakin saya bisa mengejar karir kepelatihan profesional dan awalnya berpikir saya perlu satu tahun lagi untuk mendapatkan pengalaman. Namun terkadang hal-hal berjalan sesuai keinginan dan Anda menemukan bahwa hidup tidak sepenuhnya dapat diatur. Ini adalah saat yang tepat untuk mengambil langkah selanjutnya," ujarnya.



Simak Video "Sudah Tahu Ada Turnamen Sepak Bola Lumpur? Lihat Nih Aksinya"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/adp)