Italia Diklaim Masih Bisa Main di Piala Dunia 2022 karena...

ADVERTISEMENT

Italia Diklaim Masih Bisa Main di Piala Dunia 2022 karena...

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 31 Mar 2022 12:05 WIB
FLORENCE, ITALY - SEPTEMBER 02:  Federico Chiesa of Italy celebrate with team-mates after scoring the opening goal during the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between Italy and Bulgaria at Artemio Franchi on September 02, 2021 in Florence, . (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Timnas Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022 (Getty Images/Claudio Villa)
Zurich -

Timnas Italia diklaim masih menyimpan secuil harapan untuk tampil di Piala Dunia 2022. Ini berkaitan dengan spekulasi potensi sanksi FIFA terhadap Timnas Iran.

Italia dipastikan gagal melaju ke putaran final di Qatar November nanti, setelah secara mengejutkan disingkirkan Makedonia Utara di semifinal Playoff pekan lalu.

Alhasil, Gli Azzurri harus dua kali merasakan pahitnya tidak ikut Piala Dunia setelah sebelumnya di 2018. Ini tentu jadi hasil memalukan mengingat Italia berstatus sebagai juara Eropa.

Apalagi lawannya cuma selevel Makedonia Utara yang kekuatannya jauh di bawah Italia. Namun, nasi sudah menjadi bubur, Italia cuma jadi penonton akhir tahun nanti.

Meski demikian, masih ada secercah asa untuk Italia tampil di Piala Dunia 2022. Teori ini dikeluarkan oleh media-media top Italia seperti Sport Mediaset, Sky Sport Italia, dan Sportitalia.

Italia masih berpeluang untuk lolos ke putaran final menggantikan tempat Iran. Namun, ini semua baru bisa terjadi andaikan FIFA menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Iran.

Sebab, Iran baru saja melarang 2.000 penonton wanita masuk ke stadion saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Lebanon pekan lalu. Padahal mereka semua pemegang tiket.

Sebagai informasi, Iran masih saja melarang kaum wanita untuk menonton langsung sepakbola di stadion, meski sebenarnya aturan itu sudah dicabut sejak tiga tahun lalu. FIFA mengecam tegas aksi tersebut dan telah memberikan peringatan sejak 2019.

TEHRAN, IRAN - OCTOBER 10: Female football fans show their support during of the FIFA World Cup Qualifier match between Iran and Cambodia at Azadi Stadium on October 10, 2019 in Tehran, Iran. (Photo by Amin M. Jamali/Getty Images)Fans Wanita menyaksikan langsung Timnas Iran di stadion Foto: Getty Images/Amin M. Jamali

Menurut salah satu anggota Federasi Sepakbola Iran Mehrdad Seradschi, ancaman sanksi ini mengkhawatirkan pihaknya. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka hukuman terberat adalah mencoret Iran dari Piala Dunia 2022.

Jika itu terjadi, maka satu slot milik Iran akan dilimpahkan kepada tim dengan koefisien tertinggi di peringkat FIFA, dalam hal ini Italia. Italia saat ini ada di posisi ketujuh dengan 1642,06 poin.

Tapi, apakah hal ini bisa benar-benar terjadi atau cuma angan-angan media Italia?

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT