ADVERTISEMENT

FIFA Bantah Pertandingan Piala Dunia 2022 Dihelat 100 Menit

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 07 Apr 2022 10:05 WIB
MOSCOW, RUSSIA - JULY 03:  A replica world cup trophy is seen prior to the 2018 FIFA World Cup Russia Round of 16 match between Colombia and England at Spartak Stadium on July 3, 2018 in Moscow, Russia.  (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
FIFA bantah laga Piala Dunia 2022 berlangsung 100 menit (Getty Images/Dan Mullan)
Zurich -

Muncul isu bahwa pertandingan di Piala Dunia 2022 akan berjalan 100 menit. FIFA lantas membantah keras kabar tersebut.

Menurut laporan Corriere dello Sport, Presiden FIFA Gianni Infantino ingin membuat terobosan di Qatar. Pertandingan Piala Dunia 2022 nanti akan digelar selama 100 menit.

Selama ini, pertandingan sepakbola berjalan normal 90 menit. Laga terbagi menjadi dua babak, masing-masing masih sama selama 45 menit. Tapi, nantinya laga akan bertambah 10 menit.

Menurut FIFA, tambahan waktu 10 menit ini akan mengganti waktu yang hilang karena berbagai macam hal. Sebab dari studi yang ada, rata-rata pertandingan per babak berjalan 54 menit.

Sebagai kompensasi dari waktu pertandingan yang mencapai 100 menit, FIFA lantas mengizinkan adanya lima pergantian pemain plus tim juga bisa membawa sampai 26 pemain dalam skuatnya, tidak 23 pemain seperti biasanya.

Ide ini lantas mendapat pro-kontra karena dianggap cuma mau menguras fisik pemain dan menguntungkan FIFA serta pihak sponsor, karena pemasukan makin banyak.

Tak mau isu tersebut berkembang lebih liar, FIFA mengeluarkan pernyataan bahwa kabar tersebut tidak benar dan pertandingan dipastikan berjalan seperti biasanya, 90 menit plus injury time.

"Menyusul isu yang berkembang liar hari ini, FIFA ingin mengklarifikasi bahwa tidak ada rencana untuk mengubah aturan terkait durasi pertandingan sepakbola di Piala Dunia Qatar 2022 atau kompetisi lainnya," ujar pernyataan resmi FIFA.

Piala Dunia 2022 di Qatar akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang. Sebanyak 32 negara akan bersaing memperebutkan trofi dengan laga Qatar vs Ekuador sebagai pembukanya.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT