Timnas Mesir dan Carlos Queiroz Resmi Berpisah

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 11 Apr 2022 11:20 WIB
Soccer Football - World Cup - Group B - Iran vs Spain - Kazan Arena, Kazan, Russia - June 20, 2018   Iran coach Carlos Queiroz gestures   REUTERS/Toru Hanai
Carlos Queiroz tak lagi menjadi pelatih Timnas Mesir. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
Kairo -

Timnas Mesir dan Carlos Queiroz resmi berpisah. Pelatih asal Portugal itu diputus kontraknya oleh The Pharaohs.

Hal itu diumumkan Federasi Sepakbola Mesir lewat media sosialnya. Tak ada pemberitaan resmi, hanya pengumuman singkat bahwa mereka sudah berpisah dengan pelatih berusia 69 tahun itu.

"Asosiasi Sepakbola Mesir [EFA] memutus kontrak Carlos Queiroz," tulis akun Twitter @ThePharaohs_.

Pemecatan yang dialami Carlos Queiroz ditengarai karena kegagalan Timnas Mesir tahun ini. Mohamed Salah dkk gagal di Piala Afrika, kemudian gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

Di Piala Afrika, Mesir dikalahkan Senegal di final. Kemudian di Playoff Piala Dunia 2022, Mesir kembali dikalahkan Senegal lewat adu penalti.

Sebelumnya, beredar laporan Queiroz punya klausul harus meloloskan Mesir ke Piala Dunia 2022. Dengan kegagalan ke Qatar, maka Queiroz harus mengemasi barang-barangnya.

Carlos Queiroz, yang pernah menjadi asisten Sir Alex Ferguson di Manchester United serta melatih beberapa negara seperti Portugal, Iran, dan Kolombia itu, menukangi Mesir sejak 8 September 2021, dan sudah memimpin 20 pertandingan. Rinciannya, Mesir meraih 11 kemenangan, 6 hasil imbang, dan kalah tiga kali.

(yna/krs)