ADVERTISEMENT

Ini Dia Pengganti Erik ten Hag di Ajax

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 13 Mei 2022 01:00 WIB
Clubs head coach Alfred Schreuder pictured during a soccer match between Club Brugge KV and Royale Union Saint-Gilloise, Wednesday 11 May 2022 in Brugge, on day 4 of the Champions play-offs of the 2021-2022 Jupiler Pro League first division of the Belgian championship. BELGA PHOTO KURT DESPLENTER. No Use Belgium.
Alfred Schreuder jadi pelatih baru Ajax Amsterdam musim depan (BELGA via Reuters Connect/KURT DESPLENTER)
Amsterdam -

Ajax Amsterdam sudah mendapatkan pengganti Erik ten Hag untuk pelatih baru musim depan. Dia adalah Alfred Schreuder yang diboyong dari Club Brugge.

Ten Hag akan meninggalkan kursi kepelatihan Ajax setelah musim 2021/2022 berakhir. Selanjutnya Ten Hag jadi manajer Manchester United untuk dua tahun ke depan, mulai musim 2022/2023.

Kado perpisahan manis pun sudah diberikan Ten Hag, yakni gelar juara Liga Belanda per Kamis (12/5/2022) dini hari WIB tadi. Ajax jadi juara usai melibas Heerenveen 5-0.

Torehan 82 poin Ajax tak mungkin dikejar PSV Eindhoven (78 poin) dengan satu laga tersisa. Ten Hag pun bisa mengakhiri masa kerjanya dengan tenang.

Ajax pun tak mamu membuang waktu untuk mencari pengganti Ten Hag. Sosoknya pun tak asing, karena pernah jadi asisten Ten Hag pada musim 2018/2019 saat mereka jadi semifinalis Liga Champions dan juara Liga Belanda.

Dia adalah Alfred Schreuder yang dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan setahun. Pria 49 tahun itu menghabiskan waktunya sebagai asisten pelatih di berbagai klub sebelum menangani Brugge 3 Januari lalu.

Itu adalah kali keempat Schreuder menjadi pelatih kepala setelah sebelumnya menangani FC Twente, Hoffenheim, dan Brugge. Bersama Brugge, Schrueder cuma bekerja di 19 laga dengan 14 kemenangan, tiga imbang, dan dua kekalahan.

"Saya antusias sekali bisa kembali ke sini," ujar Schreuder seperti dikutip BBC Sport.

"Saya berharap bisa meraih trofi di Amsterdam, dengan sepakbola yang menghibur dari tim yang berisikan pemain top berpengalaman dan talenta-talenta hebat," sambungnya.

Ajax Amsterdam tak mau membuang waktu untuk mencari pengganti Ten Hag, karena mereka butuh kepastian untuk program tim di pramusim nanti. Apalagi Ajax juga kehilangan sejumlah pemain intinya musim depan seperti Ryan Gravenberch, Noussair Mazraoui, dan Andre Onana.

"Saya senang karena kami sudah mendapat kepastian soal pelatih baru, posisi yang penting di klub ini. Pembentukan tim utama juga akan dilakukan dalam waktu dekat ini," papar CEO Ajax Edwin van der Sar.



Simak Video "Ajax Bungkam 10 Pemain Dortmund"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT