Sejarah! FIFA Tunjuk Tiga Wasit Wanita untuk Piala Dunia 2022

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 20 Mei 2022 06:00 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 07: Referee Stephanie Frappart prior to the French Cup Final match between OGC Nice and FC Nantes at Stade de France on May 7, 2022 in Paris, France. (Photo by Tnani Badreddine/vi/DeFodi Images via Getty Images)
Stephanie Frappart menjadi satu dari tiga wasit wanita yang akan bertugas di Piala Dunia 2022. Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images
Jakarta -

FIFA resmi menugaskan tiga wasit dan tiga hakim garis wanita dalam ajang Piala Dunia 2022. Ini menjadi yang perdana dalam sejarah penyelenggaraan turnamen akbar empat tahunan tersebut.

Hal itu diumumkan FIFA pada Kamis (19/5/2022). Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang) masuk dalam daftar 36 wasit yang akan memimpin 64 pertandingan Piala Dunia di Qatar.

Sementara dari 69 hakim garis yang terpilih, tiga di antaranya juga perempuan, yakni Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat). Kualitas keenam orang ini sudah tak diragukan lagi.

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah mengutamakan kualitas, dan para ofisial pertandingan yang terpilih sudah menggambarkan level tertinggi dari perwasitan dunia," ujar Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, dikutip ESPN.

"Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitas yang kami nilai, bukan gender."

"Semoga di masa depan, pemilihan ofisial wanita untuk turnamen pria akan dianggap sebagai hal normal, bukan lagi hal yang sensasional," jelas pria plontos asal Italia yang pernah memimpin final Piala Dunia 2002 tersebut. Gelaran Piala Dunia 2022 akan digelar pada 21 November - 18 Desember mendatang.

(adp/nds)