ADVERTISEMENT

FIFA Ogah Pakai VAR dari Premier League di Piala Dunia 2022, Kenapa?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 20 Mei 2022 08:00 WIB
Referee Stuart Atwell consults VAR during the Premier League soccer match between Arsenal and Manchester City at the Emirates Stadium, in London, England, Saturday Jan. 1, 2022. (AP Photo/Matt Dunham)
Petugas VAR dari Liga Inggris tak dipakai di Piala Dunia 2022. Foto: AP/Matt Dunham
Jakarta -

FIFA tak akan memakai petugas Video Assistant Referee (VAR) dari Premier League dalam ajang Piala Dunia 2022. Inggris pun menjadi satu-satunya negara dari lima liga top Eropa yang tak mengirim wakilnya.

FIFA mengumumkan daftar 24 petugas VAR untuk Piala Dunia di Qatar, 11 di antaranya berasal dari Eropa. Dari jumlah tersebut, tak ada perwakilan dari Premier League sama sekali.

LaLiga (Spanyol) menjadi perwakilan Eropa terbanyak dengan mengirim tiga pertugas VAR, disusul Serie A (Italia), Bundesliga (Jerman), dan Ligue 1 (Prancis) masing-masing dua wakil. Polandia dan Belanda melengkapi dua slot tersisa dari benua biru.

FIFA sebetulnya sempat memasukkan nama Stuart Attwell sebagai petugas VAR dari Inggris dalam daftar sementara tahun lalu. Namun saat susunan final diumumkan pada Kamis (19/5/2022), namanya dicoret.

ESPN menulis absennya petugas VAR dari Premier League untuk Piala Dunia akhir tahun nanti disebabkan banyaknya penafsiran yang kontroversial dalam penggunaan VAR di kasta tertinggi sepakbola Inggris tersebut dalam tiga musim terakhir.

Akibatnya, FIFA pun tak mau mengambil risiko. Meski begitu, bukannya Inggris tak mengirim perwakilan sama sekali ke Qatar. Mereka justru bisa mengirim dua wasit, yakni Michael Oliver dan Anthony Taylor.

Oliver sudah menjadi wasit berlisensi FIFA sejak 2012, sementara Taylor merupakan wasit yang memimpin laga Denmark vs Finlandia di Piala Eropa 2020, dan turut membantu proses pertolongan pertama Christian Eriksen yang mengalami henti jantung saat itu.

Selain dua nama di atas, Inggris juga akan mengirim empat asisten wasit.

(adp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT