ADVERTISEMENT

Wakil Eropa Terakhir ke Piala Dunia 2022, Ukraina atau Wales?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 02 Jun 2022 04:08 WIB
Glasgow -

Hanya ada satu tiket tersisa dari Eropa untuk tampil di Piala Dunia 2022. Siapa bakal jadi pemiliknya, Ukraina atau Wales?

Ukraina akhirnya melakoni Semifinal Playoff Piala Dunia 2022 kontra Skotlandia di Hampden Park, Kamis (2/6/2022) dinihari WIB. Duel ini seharusnya dihelat Maret lalu tapi tertunda karena invasi Rusia ke Ukraina.

Saat itu para pemain Ukraina tengah berduka dan dilanda kekalutan karena banyak anggota keluarganya masih terjebak di saat Rusia menyerang. Oleh karenanya, UEFA memundurkan waktu laganya setelah kompetisi rampung.

Pada pertandingan perdana setelah serangan Rusia, Ukraina bermain menyerang sejak menit awal. Mereka tak memberikan kesempatan Skotlandia mengembangkan permainan.

Andriy Yarmolenko membawa Ukraina memimpin di menit ke-39 yang dilanjutkan gol Roman Yaremchuk di menit ke-49. Skotlandoa sempat membuka harapan lewat Callum McGregor di menit ke-79.

Sayangnya, Skotlandia malah kebobolan untuk ketiga kalinya di masa injury time. Serangan balik Ukraina yang diakhiri gol Artem Dovbyk membuat timnya menang 3-1 sekaligus lolos ke Final Playoff. Skotlandia gagal mencapai Piala Dunia pertamanya sejak 1998.

Ukraina akan menghadapi Wales di Millenium Stadium, Minggu (5/6/2022) malam WIB. Salah satu dari kedua tim itu bakal jadi wakil terakhir Eropa yang lolos ke Qatar November nanti. Sejauh ini Eropa sudah mengirim 12 negara.

Pada fase grup, Ukraina atau Wales akan bergabung dengan Inggris, Iran, dan Amerika Serikat di Grup B. Pertandingan pertamanya adalah menghadapi AS pada 21 November.

Ukraina baru sekali tampil di Piala Dunia pada 2006 dan lolos ke perempatfinal, sebelum disingkirkan Italia. Wales bahkan belum pernah sekalipun lolos ke turnamen itu.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT