ADVERTISEMENT

Van Dijk Sedih Wijnaldum Tak Masuk Skuat Timnas Belanda

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 04 Jun 2022 23:00 WIB
Netherlands  midfielder Georginio Wijnaldum and defender Virgil van Dijk attend a  training session at the KNVB Campus on March 22, 2022, in Zeist, ahead of friendly football matches against Denmark and Germany - - Netherlands OUT (Photo by MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP) / Netherlands OUT (Photo by MAURICE VAN STEEN/ANP/AFP via Getty Images)
Virgil van Dijk prihatin Gini Wijnaldum tak masuk skuat Belanda (ANP/AFP via Getty Images/MAURICE VAN STEEN)
Brussels -

Tak ada Gini Wijnaldum di skuat Timnas Belanda yang memainkan laga internasional awal bulan ini. Kondisi ini membuat kapten De Oranje Virgil van Dijk sedih.

Wijnaldum musim ini memulai petualangan barunya di Paris Saint-Germain setelah lima tahun memperkuat Liverpool. Kontrak Wijnaldum tidak diperpanjang karena terbentur masalah gaji.

Liverpool boleh jadi bakal kehilangan gelandang serbabisa macam Wijnaldum, yang jarang absen karena cedera. Faktanya justru berbeda ketika Liverpool bisa melaju kencang tanpa kehadiran Wijnaldum.

Liverpool sukses merebut dua gelar dan sempat bertarung untuk mendapatkan Quadruple. Sementara, PSG cuma mendapatkan satu gelar yakni Liga Prancis.

Yang lebih menyakitkan untuk Wijnaldum adalah dia juga tidak bisa memberikan performa terbaiknya. Dia malah lebih sering keluar-masuk bangku cadangan dan beberapa kali absen karena cedera.

Wijnaldum pun cuma main 38 kali dengan torehan tiga gol dan tiga assist. Performa seperti ini tentu tak diharapkan oleh PSG yang sudah menggajinya mahal. Wajar jika masa depan Wijnaldum dispekulasikan.

Kondisi ini membuat Wijnaldum kehilangan tempat di skuat Timnas Belanda, yang selama ini selalu didapatkannya. Wijnaldum tidak dipanggil oleh pelatih Louis van Gaal untuk laga UEFA Nations League A Grup 4 menghadapi Belgia, Polandia, dan Wales.

Belanda memang sukses mencukur Belgia 4-1 tanpa Wijnaldum. Namun, bagi Van Dijk, peran Gini Wijnaldum tetap penting untuk Singa Oranya.

"Meski saya bukan pelatih timnas, tapi Gini punya kualitas yang bisa membuat tempatnya di Oranye aman. Tapi memang, dia tidak sedang dalam performa terbaiknya. Dia tidak nyaman dengan gayanya sendiri. Dia harus menerima keputusan pelatih timnas," ujar Virgil van Dijk di Mirror.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT