ADVERTISEMENT

Varane Cedera, Ibrahima Konate Dipanggil ke Timnas Prancis

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 05 Jun 2022 09:30 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 28: Ibrahima Konate of Liverpool FC controls the ball during the UEFA Champions League final match between Liverpool FC and Real Madrid at Stade de France on May 28, 2022 in Paris, France. (Photo by Alex Gottschalk/DeFodi Images via Getty Images)
Ibrahima Konate dipanggil ke Timnas Prancis (DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Paris -

Ada berkah di balik musibah untuk Ibrahima Konate. Bek Liverpool itu dipanggil masuk skuat Timnas Prancis setelah Raphael Varane cedera.

Varane sejatinya adalah pilihan utama Les Bleus di lini belakang bersama Jules Kounde dan Lucas Hernandez. Varane bermain saat Prancis menjamu Denmark di laga pembuka UEFA Nations League, Sabtu (4/6/2022) dinihari WIB.

Sayangnya Varane tidak bermain penuh dan harus digantikan William Saliba pada menit ke-61. Prancis yang unggul duluan lewat gol Karim Benzema akhirnya takluk 1-2 setelah dwigol Andreas Cornelius menjebol gawang Hugo Lloris.

Kekalahan Prancis ini terasa lebih menyakitkan karena harus mendapati kabar Varane mengalami cedera. Bek Manchester United itu mengalami cedera paha kiri sehingga harus menepi dari skuat.

Alhasil, Varane tidak bisa bermain di tiga laga Prancis selanjutnya menghadapi Kroasia (dua kali) dan Austria sedari 7 hingga 14 Juni. Ini adalah cedera kambuhan yang membuat Varane musim ini bolak-balik ruang perawatan.

"Varane mengalami masalah otot di paha kirinya. Dari hasil tes yang dilakukan, Varane tidak bisa bermain di tiga pertandingan ke depan," ujar pernyataan resmi Federasi Sepakbola Prancis (FFF).

Dengan demikian, Prancis pun memanggil Ibrahima Konate untuk menggantikan Varane. Ini adalah kali pertama Konate bergabung dengan tim nasionalnya setelah selama ini membela level junior di berbagai level umur.

Konate awalnya tersingkir karena Pelatih Prancis Didier Deschamps lebih memilih Saliba. Padahal Konate tampil gemilang di musim pertamanya bersama Liverpool dengan membantu tim itu meraih double winner serta runner-up Liga Inggris dan Liga Champions.

Bahkan selama Konate jadi starter musim ini, Liverpool cuma kalah sekali yakni dari Real Madrid. Konate tampil 29 kali dengan torehan tiga gol di seluruh kompetisi.

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT