Inggris Vs Italia: Tiga Singa Dipaksa untuk Rotasi

ADVERTISEMENT

Inggris Vs Italia: Tiga Singa Dipaksa untuk Rotasi

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 09 Jun 2022 09:48 WIB
BUDAPEST, HUNGARY - JUNE 04: Harry Maguire and Harry Kane of England takes a drinks break during the UEFA Nations League League A Group 3 match between Hungary and England at Puskas Arena on June 4, 2022 in Budapest, Hungary. (Photo by Visionhaus/Getty Images)
Inggris harus melakukan rotasi saat berjumpa dengan Italia (Foto: Visionhaus/Getty Images/Visionhaus)
Wolverhampton -

Manajer timnas Inggris Gareth Southgate mengisyaratkan akan melakukan rotasi di laga menghadapi Italia. Faktor kebugaran jadi alasan utama hal ini dilakukan.

Inggris bakal menghadapi Italia di Molineux Stadium pada laga lanjutan League A3 UEFA Nations League 2022, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. Duel ini merupakan laga ulangan final Piala Eropa 2020.

Kala itu, Gli Azzurri menjadi juara usai menang 3-2 melalui adu penalti. Laga harus dituntaskan melalui babak usai pertandingan imbang 1-1 hingga 120 menit.

Tim Tiga Singa jelas bertekad membalas dendam kekalahan di final Piala Eropa. Namun, ambisi tersebut terganjal kondisi kebugaran para pemain Inggris.

Para pemain Inggris tak sepenuhnya dalam kondisi bugar karena harus menjalani laga UEFA Nations League setelah mengarungi musim yang ketat bersama klub. Sebelumnya Inggris, sudah menjalani dua laga di ajang ini dengan kalah 0-1 dari Hungaria dan imbang 1-1 dengan Jerman.

Inggris saat ini berada di posisi juru kunci grup dengan satu angka. Sementara, Italia di puncak klasemen dengan empat poin usai menang 2-1 atas Hungaria dan imbang 1-1 juga saat melawan Jerman.

Menilik dari kondisi ini, pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengungkapkan bakal melakukan rotasi kala jumpa Italia. Mereka besar kemungkinan takkan menurunkan tim terbaik seperti di final Piala Eropa 2020.

"Saya pikir kami akan (melakukan perubahan) karena saya pikir Anda telah melihat tepat di seluruh Eropa: Prancis melakukan 10 perubahan, Spanyol delapan perubahan, Portugal tujuh perubahan," ujar Southgate dikutip dari Sky Sports.

"Jadi ini adalah rangkaian laga yang cukup unik di mana tim memikirkan kesejahteraan pemain sampai tingkat tertentu, kebugaran, tetapi juga mereka sedang mempersiapkan Piala Dunia karena mereka tahu apa yang akan datang dan apa yang belum mereka dapatkan dalam pertandingan persahabatan menjelang turnamen ini."

"Jadi secara strategi ini adalah situasi yang unik dan saya pikir Anda melihatnya tepat di seluruh Eropa," jelasnya.

(pur/nds)

ADVERTISEMENT