ADVERTISEMENT

Letupan Gavi

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 13 Jun 2022 13:45 WIB
Gavi (FC Barcelona) of Spain controls the ball during the UEFA Nations League League A Group 2 match between Spain and Portugal at Estadio Benito Villamarin on June 2, 2022 in Seville, Spain. (Photo by Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images)
Aksi Gavi di Timnas Spanyol. (Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Malaga -

Gavi bersinar bersama Timnas Spanyol sepanjang gelaran UEFA Nations League 2022/2023. Letupan sang gelandang membuat pelatih Luis Enrique menyorotinya.

Gavi tak berhenti membuat rekor, khususnya di Timnas Spanyol. Setelah menjadi pemain termuda yang membela La Furia Roja, ia juga mencatatkan namanya sebagai pencetak gol termuda.

Gavi mengenakan jersey Spanyol di usia 17 tahun 62 hari, saat melawan Italia di semifinal UEFA Nations League 2020/2021.

Kemudian, Gavi kembali membuat rekor dalam urusan mencetak gol di UEFA Nations League 2022/2023. Gelandang milik Barcelona itu bisa menjadi pencetak gol termuda Tim Matador di usia 17 tahun 304 hari, mengalahkan catatan rekan setimnya di klub, Ansu Fati.

Letupan Gavi, yang kini punya total 10 caps di Timnas Spanyol, mulai disoroti Enrique, yang mengingatkan sang pemain masih punya karier yang panjang. Pada laga melawan Republik Ceko, Senin (13/6/2022), sang pemain akhirnya diistirahatkan.

Gavi baru dimainkan di babak kedua, saat Spanyol bisa menang 2-0 atas Ceko. Usai laga, Enrique memuji kinerja

"Dia seperti gunung berapi yang meletus. Pesan kemarin jelas tertuju padanya", kata Enrique, seperti dilaporkan Diario AS.

"Sangat sulit untuk tidak jatuh cinta pada Gavi. Setiap penggemar ingin melihatnya bermain," terangnya.

Kemenangan Spanyol atas Ceko mengantar ke posisi teratas Grup A2. Tim besutan Enrique memimpin Grup A2 dengan 8 poin, unggul dari Portugal (7 poin).

Timnas Spanyol tinggal punya dua laga tersisa di UEFA Nations League pada September, yakni melawan Swiss dan Portugal. Selanjutnya, Spanyol tinggal berangkat ke Qatar untuk berlaga di Piala Dunia 2022, pada 21 November-18 Desember mendatang. Spanyol tergabung di Grup E bersama Jerman, Jepang, dan masih menunggu satu wakil tersisa dari CONCACAF.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT