ADVERTISEMENT

Ketika Hungaria 'Kerasukan' Puskas Cs dan Sikat Inggris

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 06:20 WIB
Jakarta -

Hungaria tampil buas kala bertandang ke markas Inggris di lanjutan UEFA Nations League 2022/2023. The Magyars menang telak 4-0 dan mengulang catatan tahun 1953.

Hungaria bertandang ke Inggris di Molineux, Wolverhampton, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Empat gol sukses dicetak tim besutan Marco Rossi tersebut di markas lawan.

Roland Sallai membuka keunggulan pada menit ke-16 dan bertahan sampai turun minum. Ia mencetak gol keduanya pada menit ke-70, disusul gol dari Zsolt Nagy sepuluh menit berselang.

Gol ketiga itu praktis membunuh kesempatan Inggris, apalagi kemudian John Stones dikartu merah pada menit ke-82. Ia menerima kartu kuning kedua usai melanggar Daniel Gazdag.

Hungaria tak memberikan ampun untuk tuan rumah, dengan Gazdag mencetak gol keempat pada menit ke-89. Kemenangan 4-0 diamankan, sekaligus menegaskan mereka di puncak klasemen Grup 3 UEFA Nations League A.

Kemenangan ini turut menyisakan sebuah catatan menarik untuk Hungaria. Mereka adalah tim pertama sejak 1953 yang berhasil mencetak empat gol di markas Inggris.

Tahukah siapa yang terakhir kali mewujudkannya? Mereka adalah Hungaria sendiri, kala Ferenc Puskas dkk menaklukkan Inggris 6-3 di Wembley pada November 1953.

Duel Inggris vs Hungaria saat itu bertajuk Laga Abad Ini. Inggris datang dengan klaim tempat kelahiran sepakbola, sementara Hungaria pada masa itu merupakan tim nomor satu dunia dan tak terkalahkan dalam 24 laga.

Tapi Hungaria tampil menggila dan sudah unggul pada menit pertama lewat Nandor Hidegkuti. Inggris sempat merespons, namun Hidegkuti dan Ferenc Puskas memberikan pukulan telak lainnya hingga akhirnya Hungaria menang 6-3.

Buat Inggris sendiri, kekalahan malam tadi dari Hungaria memberikan mereka catatan tak diinginkan. Inilah pertama kalinya The Three Lions takluk empat gol atau lebih di kandang tanpa mencetak gol balasan.

(raw/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT