Sadio Mane Rebut Penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2022

ADVERTISEMENT

Sadio Mane Rebut Penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2022

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 22 Jul 2022 07:32 WIB
Rabat -

Bintang sepakbola Senegal, Sadio Mane, diganjar penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2022. Mane memenangi trofi bergengsi ini untuk kedua kali berturut-turut.

Gala penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2022 dilangsungkan di Rabat, Maroko, pada Kamis (21/7) malam waktu setempat. Mane merebut penghargaan ini usai mengalahkan mantan rekan setimnya di Liverpool Mohamed Salah dan kompatriotnya sekaligus kiper Chelsea Edouard Mendy, yang finis di urutan kedua dan ketiga.

Sebelum ini, Mane memenangi penghargaan ini pada 2019 karena ajang ini ditiadakan dalam dua tahun selanjutnya sehubungan dengan pandemi COVID. Dengan ini maka Mane menjadi pemain kelima yang mampu meraih penghargaan ini berturut-turut setelah Mo Salah, El Hadji Diouf, Samuel Eto'o, dan Yaya Toure.

Pemain baru Bayern Munich itu kini mendekati rekor legenda sepakbola Liberia George Weah dan legenda sepakbola Ghana Abedi Pele, yang sama-sama memenangi tiga trofi pemain terbaik Afrika. Sedangkan rekor terbanyak masih dipegang Eto'o dan Yaya Toure usai masing-masing menang empat kali.

"Aku sungguh merasa terhormat karena bisa berada di sini untuk kelima kalinya, dan aku sangat gembira menerima penghargaan ini pada malam ini," ucap Sadio Mane dalam pidatonya, dilansir Metro.



"Aku ingin berterima kasih kepada kolega-kolegaku di level klub dan tim nasional. Aku sangat emosional sekarang, aku tidak memiliki kata-kata untuk mengekspresikan diri sendiri," kata pemain depan berusia 29 tahun ini.

Sadio Mane didapuk sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022 setelah suksesnya di Liverpool dan timnas Senegal. Mane membantu the Reds memenangi Piala Liga, Piala FA, dan menjadi runner-up Premier League serta finalis Liga Champions. Sedangkan di level internasional, Sadio Mane dan menginspirasi Senegal untuk memenangi Piala Afrika 2021 lalu terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

(rin/ran)