ADVERTISEMENT

Higuain Ngaku Pernah Kalahkan Jumlah Gol Ronaldo, Masa sih?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 08 Agu 2022 20:00 WIB
Cristiano Ronaldo and Gonzalo Higuain of Juventus during the UEFA Champions League group D match between Atletico Madrid and Juventus at Wanda Metropolitano on September 18, 2019 in Madrid, Spain. (Photo by Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images)
Ronaldo dan Higuain pernah bermain bersama di Madrid dan Juventus. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Gonzalo Higuain mengaku pernah mencetak gol lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dalam semusim sewaktu keduanya masih bersama-sama di Real Madrid. Benarkah ucapan itu?

Hal itu diungkapkan Higuain saat diwawancarai El Mundo baru-baru ini, dan dikutip Marca. Momen di mana Higuain 'lebih hebat' dari Ronaldo terjadi di musim 2009/10, atau musim perdana penyerang Portugal itu di Santiago Bernabeu.

"Saya mencetak lebih dari 100 gol, meraih 15 gelar, dan menempati urutan kedua sebagai pemain Argentina paling sering membela Madrid. Pada musim pertama Cristiano di Madrid, saya mencetak 27 gol, dia 26 gol. Lalu dia rutin mencetak 50 gol per tahun. Bagaimana mungkin!" ujar Higuain.

Ronaldo memang dikenal sebagai mesin gol ulung selama sembilan tahun membela Madrid, tepatnya pada periode 2009-2018. Total ada 450 gol yang ia ciptakan dalam 438 laga di seluruh ajang.

Sementara itu, Higuain mencetak 121 gol dalam 264 laga bersama Madrid dalam rentang waktu 2007-2013. Artinya ada waktu selama empat musim keduanya bermain bersama. Bagaimana sebetulnya data yang ada?

Mengacu Transfermarkt, omongan Higuain memang benar, namun tidak sepenuhnya. Ia mencetak 27 gol di Liga Spanyol 2009/10, sedangkan Ronaldo mengemas 26 gol. Tapi jumlah itu belum termasuk torehan gol di ajang lain.

Jika mengacu ke seluruh kompetisi yang dimainkan Madrid musim itu, maka torehan total gol Ronaldo lebih banyak. Di musim itu, Ronaldo mencetak tujuh gol di Liga Champions, sementara Higuain hanya dua.

Artinya, Ronaldo mencetak 33 gol di musim 2009/10, sedangkan Higuain 'hanya' 29 gol. Bagian yang 'dibanggakan' oleh Higuain hanyalah jumlah gol yang dicetak di Liga Spanyol kala itu. Sementara di tiga musim lainnya, jumlah gol Higuain kalah telak dari Ronaldo. Begitu pula saat keduanya bermain di Juventus.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT