ADVERTISEMENT

Xavi Desak Adanya Aturan 'Waktu Bersih' di Sepakbola

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 18 Agu 2022 05:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 13: Head Coach Xavi Hernandez of FC Barcelona looks on during the LaLiga Santander match between FC Barcelona and Rayo Vallecano at Spotify Camp Nou on August 13, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Foto: Getty Images/Alex Caparros
Barcelona -

Desakan untuk menerapkan aturan 'waktu bersih' di sepakbola kembali mengemuka. Kali ini pelatih Barcelona, Xavi Hernandez yang mengusulkan hal tersebut.

Saran yang diberikan Xavi sedikit banyak dipengaruhi hasil imbang tanpa gol yang didapat Barcelona ketika menjamu Rayo Vallecano akhir pekan lalu. Saat itu, tim tamu dinilai banyak mengulur waktu untuk menahan momentum serangan Blaugrana.

Faktanya, Diario AS mencatat bahwa duel tersebut hanya efektif memainkan bola sekitar 54 menit saja. Padahal wasit sampai memberikan total tambahan waktu 14 menit di laga itu, dengan 9 menit diberikan pada babak kedua.

Itu artinya, ada sekitar 50 menit yang terbuang untuk pergantian pemain, water break, menghadapi protes pemain, mengecek Video Assistant Referee (VAR), hingga dipakai pemain untuk berpura-pura cedera dan mendapatkan perawatan.

Itu sebabnya Xavi menilai perlu adanya penerapan aturan waktu bersih ini di masa depan. Dengan begitu, permainan bisa lebih seru dan adil, karena opsi buang-buang waktu tak lagi berguna karena tak akan dihitung dalam waktu permainan.

"Buat saya itu adalah situasi yang konyol dan saya tak cuma bicara soal Rayo di sini. Tapi saya pikir sepakbola adalah satu-satunya olahraga yang tak memakai waktu bersih. Bukankah kita menginginkan adanya fairplay? Nah, (aturan) itu akan mengakhiri kecurangan," ujar Xavi.

Waktu efektif 10 pertandingan pekan pertama Liga Spanyol 2022/23.Waktu efektif 10 pertandingan pekan pertama Liga Spanyol 2022/23. Foto: Dok. Diario AS

Tak salah bila Xavi berang. Faktanya, Liga Spanyol berada di urutan terbawah dalam urusan waktu bermain efektif di antara lima liga top Eropa di musim ini, meski baru berjalan 1-2 pekan.

Pada jornada pertama akhir pekan lalu, 10 laga Liga Spanyol hanya mencatatkan rata-rata waktu bermain efektif selama 52 menit 31 detik saja. Angka itu terpaut 2 menit 8 detik dari Liga Inggris yang ada di urutan pertama.

Aturan waktu bersih ini disebut-sebut sedang dikaji oleh FIFA dan IFAB. Mantan wasit macam Mark Clattenburg termasuk yang mendukung ide ini. Jika diterapkan, maka durasi pertandingan sepakbola akan diturunkan dari 90 menit menjadi 60 menit saja.

Rata-rata waktu bermain efektif di lima liga besar Eropa di musim 2022/23.Rata-rata waktu bermain efektif di lima liga besar Eropa di musim 2022/23. Foto: Dok. Diario AS

Lihat juga video 'Debut Lewandowski Cs Berakhir Imbang, Xavi: Malu dengan Hasilnya':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT