UEFA Larang Rusia Ikut Kualifikasi Euro 2024, tapi Belarusia Boleh

ADVERTISEMENT

UEFA Larang Rusia Ikut Kualifikasi Euro 2024, tapi Belarusia Boleh

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 21 Sep 2022 18:00 WIB
COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 21: Artem Dzyuba of Russia reacts during the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Russia and Denmark at Parken Stadium on June 21, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Martin Rose - UEFA/UEFA via Getty Images)
Artem Dyzuba, kapten Timnas Rusia di Euro 2020 tahun lalu. Foto: UEFA via Getty Images/Martin Rose - UEFA
Jakarta -

UEFA memastikan Rusia tak akan ambil bagian dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024. Namun Belarusia tetap diizinkan, meski Jerman menentangnya.

Rusia dilarang tampil dalam seluruh kompetisi di bawah naungan UEFA sejak negeri beruang merah itu menyerang Ukraina pada Februari lalu. Federasi Sepakbola Rusia melakukan banding, namun ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga pada Juli lalu.

Dilaporkan ESPN, UEFA pada Selasa (20/9/2022) kemarin mengonfirmasi bahwa hukuman yang dijatuhkan kepada Rusia juga berlaku untuk Kualifikasi Euro 2024 yang akan digelar mulai Maret tahun depan.

Artinya, Rusia dipastikan absen di Euro 2024, di mana Jerman menjadi tuan rumah. Meski demikian, Belarusia yang selama ini punya hubungan dekat dengan Rusia tetap diperbolehkan ambil bagian.

Pemerintah Jerman selaku tuan rumah sebetulnya sudah mengajukan permintaan kepada UEFA untuk turut mencekal Belarusia, yang dinilai punya andil dalam membantu Rusia menyerang Ukraina, namun UEFA punya pendapat lain.

Dengan begitu, Kualifikasi Euro 2024 akan diikuti 53 negara dari total 55 anggota, minus Jerman yang menjadi tuan rumah dan Rusia yang dicekal. Pembagian grup akan dilakukan pada 9 Oktober mendatang di Frankfurt.

Meski diperbolehkan ambil bagian, Belarusia hanya boleh menggelar laga kandang di lokasi netral, seperti Turki. Selain itu, laga kandang mereka juga tak boleh dihadiri suporter dan tak akan ditempatkan dalam grup yang sama dengan Ukraina.

Selain masalah Belarusia-Ukraina, ada pertimbangan politik lain yang diterapkan UEFA dalam melakukan drawing. Azerbaijan dan Armenia dilarang segrup, seperti halnya Spanyol dan Gibraltar. Serbia dan Bosnia-Herzegovina juga tak akan bertemu Kosovo.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT