ADVERTISEMENT

Pernyataan Pedas Ruediger soal Qatar Gelar Piala Dunia 2022

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 22 Sep 2022 20:40 WIB
MUNICH, GERMANY - JUNE 07: Antonio Rudiger of Germany during the UEFA Nations League League A Group 3 match between Germany and England at Allianz Arena on June 7, 2022 in Munich, Germany. (Photo by Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images)
Foto: Getty Images/Robbie Jay Barratt - AMA
Munich -

Kritik masih berdatangan kepada Qatar, terkait penunjukannya menggelar Piala Dunia 2022. Kali ini Antonio Ruediger, bek Real Madrid asal Jerman, mengecamnya.

Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar. Pesta sepakbola akbar itu akan berlangsung akhir tahun ini.

Sudah berjarak amat dekat, Piala Dunia 2022 rupanya mendapat kritikan sejak lama. Keputusan FIFA menunjuk Qatar sebagai tuan rumah terus disorot.

Penyebabnya, Qatar dinilai punya trek rekor buruk soal Hak Asasi Manusia. Mulai dari isu pekerja migran hingga kebebasan berekspresi yang dibatasi salah satunya.

Poin itu dinilai bertentangan dengan FIFA. Hingga saat ini, kecaman terus berdatangan mempertanyakannya, termasuk dari pemain dan penggemar.

Real Madrid, bek Madrid asal Jerman, salah satu yang mengecam hal itu. Ia menilai, digelarnya Piala Dunia 2022 di Qatar bukan semata demi kepentingan penggemar dan pemain, melainkan untuk uang.

"Menghadiahkan mereka [Piala Dunia] bukanlah keputusan yang dibuat untuk para penggemar dan para pemain. Itu menunjukkan uang memainkan peran penting dalam dunia sepakbola," kata Ruediger, dilansir Football-Espana.

Lebih lanjut, Ruediger menilai aksi boikot juga tak mempan dilakukan pemain. Ia menilai, harusnya organisasi yang berkepentingan yang melakukannya.

"Saya melihat perdebatan tentang boikot sebagai sesuatu yang harus dilakukan oleh institusi, bukan para pemain. Tentu saja kami harus melihat hal-hal secara kritis dan kami telah melakukannya," ungkap bek Timnas Jerman itu.

(yna/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT