Jarang-jarang Spanyol Kalah di Kandang, dari Swiss Pula

ADVERTISEMENT

Jarang-jarang Spanyol Kalah di Kandang, dari Swiss Pula

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 25 Sep 2022 06:00 WIB
ZARAGOZA, SPAIN - SEPTEMBER 24: Players of Spain acknowledge the fans following their sides defeat in the UEFA Nations League League A Group 2 match between Spain and Switzerland at La Romareda on September 24, 2022 in Zaragoza, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Timnas Spanyol akhirnya kalah juga di kandang sendiri (Getty Images/Alex Caparros)
Zaragoza -

Catatan apik Spanyol di kandang akhirnya terhenti setelah ditaklukkan Swiss. Bagi Nati, ini adalah kemenangan kedua mereka atas La Furia Roja.

Spanyol berupaya mempertahankan puncak Grup A di Liga 1 UEFA Nations League, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB, saat menjamu Swiss di La Romareda.

Namun, Spanyol yang unggul penguasaan bola malah direpotkan oleh Swiss dan gawang mereka bobol duluan di menit ke-21 usai Manuel Akanji bikin gol.

Spanyol baru bisa menyamakan skor usai Jordi Alba mencatatkan gol di menit ke-55. Tapi, skor berubah jadi 2-1 empat menit kemudian untuk keunggulan Swiss karena gol bunuh diri Eric Garcia.

Spanyol tak bisa membalas lagi hingga akhir dan harus rela tumbang pertama kalinya di UEFA Nations League tahun ini. Finalis tahun lalu itu pun harus turun peringkat ke urutan kedua dengan 8 poin, kalah dua angka dari Portugal di puncak.

Hasil ini menyudahi catatan tak terkalahkan Spanyol dari 22 pertandingan kandang terakhir mereka. Kali terakhir Spanyol tumbang di depan pendukungnya pada UEFA Nations League 2018, dengan skor 2-3 dari Inggris di Sevilla.

Ini sekaligus jadi kekalahan kandang kedua di Zaragoza setelah ditaklukkan Yunani 0-1 pada 2003. Swiss juga memutus catatan buruk ketika bertemu Spanyol.

Sebelum ini, Swiss baru menang sekali dari 24 pertandingan di seluruh ajang dengan Spanyol, yakni 1-0 di fase grup Piala Dunia 2010.

Spanyol oh Spanyol...

(mrp/bay)