Cerita Nike Kehilangan Messi, Gara-gara Ditikung Adidas

ADVERTISEMENT

Cerita Nike Kehilangan Messi, Gara-gara Ditikung Adidas

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 17 Okt 2022 20:13 WIB
BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 11: Lionel Leo Messi presents his new ADIDAS boots during an act celebrated at the Fira Gran Via of LHospitalet de Llobregat on December 11, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by Javier Borrego / AFP7 / Europa Press Sports via Getty Images)
Lionel Messi dulu pernah memakai Nike, sebelum pindah ke Adidas (Europa Press via Getty Images/Europa Press Sports)
Paris -

Lionel Messi identik dengan perusahaan olahraga asal Jerman Adidas. Tapi Messi justru akrab dengan rival Adidas, Nike, di awal kariernya.

Messi dan Adidas adalah bagian tak terpisahkan saat ini. Bahkan pada 2017, Adidas berani memberi kontrak seumur hidup untuk pesepakbola asal Argentina tersebut.

Kontrak tersebut sama seperti yang didapat David Beckham dan Zinedine Zidane, yang masih memakai produk-produk Adidas setelah pensiun. Messi memang selalu jadi ikon Adidas dari musim ke musim.

Bahkan Adidas sampai membuatkan sepatu khusus untuk Messi bernama F50 yang membantunya mencetak ratusan gol dan assist, serta merebut puluhan trofi.

BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 11: Lionel Sepatu Adidas F50 milik Lionel Messi Foto: Europa Press via Getty Images/Europa Press Sports

Tapi, untuk Anda ketahui, Messi sejatinya memakai sepatu Nike sejak pertama kali masuk akademi Barcelona di usia 14 tahun. Bahkan debut profesionalnya pada 2003 juga menggunakan sepatu asal Amerika Serikat tersebut.

Messi bersama Cristiano Ronaldo kala itu jadi ikon masa depan Nike, yang saat itu identik dengan Ronaldo Luis Nazario Da Lima. Adidas kala itu sudah tenar dengan David Beckham dan sepatu Predatornya.

Lalu, terjadilah insiden yang mengakhiri kemesraan Nike dan Messi pada 2006. Saat itu Nike sudah membuat iklan untuk Piala Dunia 2006 menggunakan Messi dan Ronaldo sebagai bintang utamanya.


Menurut buku Messi vs. Ronaldo: One Rivalry, Two GOATs, and the Era That Remade the World's Game buata Jonathan Clegg dan Joshua Robinson, Messi yang akan melakukan sesi foto bersama Nike tiba-tiba diminta berhenti.

Rupanya Nike mendapat telepon dari perwakilan Messi, dalam hal ini ayahnya Jorge, untuk menurunkan seluruh materi promosi yang berkaitan dengan anaknya. Sebab, Jorge merasa Nike tidak memenuhi salah satu klausul dalam kontraknya, yakni menyediakan kaus dalam jumlah lebih banyak untuk Messi.

Tidak terima dengan tindakan sewenang-wenang pihak Messi, Nike membawa kasus ini ke pengadilan pada 2006, karena mengklaim memiliki perjanjian dengan pemain.

Sayangnya, Pengadilan Spanyol menemukan fakta berbeda bahwa perjanjian tersebut hanyalah sebuah komitmen, bukan kontrak resmi. Bahkan ada fakta bahwa Messi sebenarnya sudah menjalin kerjasaman di bawah tangan dengan Adidas pada Februari 2006, empat bulan sebelum putus dengan Nike.

LISBON, PORTUGAL - OCTOBER 05: Lionel Messi of Paris Saint-Germain celebrates scoring Paris Saint-Germain goal during the UEFA Champions League group H match between SL Benfica and Paris Saint-Germain at Estadio do Sport Lisboa e Benfica on October 5, 2022 in Lisbon, Portugal. (Photo by Carlos Rodrigues/Getty Images)Lionel Messi selalu bermain di klub yang disponsori Nike Foto: Getty Images/Carlos Rodrigues

Meski identik dengan Adidas, Messi selama kariernya di level klub justru memperkuat tim yang disponsori Nike, yakni Barcelona dan Paris Saint-Germain. Jadi ketika ada sesi foto untuk kedua klub itu, logo sepatu Adidas Messi terpaksa ditutup.

Lionel Messi hanya mengenakan seragam Adidas saat memperkuat Timnas Argentina.

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT