Pemain Feyenoord Tolak Ban Kapten Pelangi

ADVERTISEMENT

Pemain Feyenoord Tolak Ban Kapten Pelangi

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 17 Okt 2022 23:05 WIB
21 September 2022, Hessen, Frankfurt/Main: Soccer: National team, Germany, Nations League, before the games against Hungary and England, press conference, DFB campus: The special captains armband as a sign against discrimination and for diversity lies on a table. This is adorned with
Kapten Feyenoord menolak memakai ban lengan pelangi. (Foto: dpa/picture alliance via Getty I/picture alliance)
Rotterdam -

Kapten Feyenoord, Orkun Kokcu, menanggalkan posisinya dalam pertandingan Eredivisie. Pemain Turki itu menolak memakai ban kapten pelangi simbol dukungan LGBTQ.

Kokcu mengenakan ban kapten pada lima pertandingan Feyenoord di Liga Belanda musim ini. Keputusan berbeda diambil pemain 21 tahun itu menjelang duel kontra AZ Alkmaar, Minggu (16/10/2022).

Kokcu menolak menjadi kapten tim dalam pertandingan tersebut. Dia tak mau memakai ban kapten ONE Love bermotif pelangi.

Eredivisie memang mengampanyekan dukungan kepada kelompok LGBTIQ+ untuk seluruh pertandingan pekan tersebut. Para kapten tim diminta mengenakan ban kapten pelangi ONE Love sebagai pernyataan penerimaan LGBTIQ+.

Orkun Kokcu punya alasan tersendiri menolak memakan ban kapten pelangi. Dia merasa kampanye itu bertentangan dengan ajaran agama yang dianutnya.

"Saya telah memutuskan untuk tidak memakai ban kapten pelangi untuk putaran permainan ini. Saya pikir penting untuk menekankan bahwa saya menghormati semua orang tanpa memandang agama, latar belakang atau preferensi," kata Kokcu dalam pernyataan resmi Feyenoord.

"Saya percaya bahwa setiap orang bebas melakukan apa yang mereka inginkan atau rasakan. Saya sepenuhnya memahami pentingnya tindakan ini, tetapi karena keyakinan agama saya, saya merasa bukan orang yang tepat untuk mendukung ini. Itu sebabnya saya tidak merasa nyaman memakai ban kapten tersebut," dia menambahkan.

"Saya bisa membayangkan beberapa orang kecewa dengan ini. Ini sama sekali bukan niat saya, meskipun saya menyadari bahwa saya mungkin tidak dapat segera menghilangkan perasaan itu dengan kata-kata ini. Namun saya berharap pilihan agama saya dihormati juga," pungkasnya.

Feyenoord menunjuk Gernot Trauner menggantikan Orkun Kokcu sebagai kapten dalam laga melawan AZ Alkmaar. Duel yang berlangsung di Stadion AFAS itu berakhir untuk kemenangan Feyenoord 3-1.



Simak Video "Geger Kafe di Palangkaraya Diduga Sarang LGBT, Ini Kata Pemilik"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT