Enrique kok Buru-buru Amat Coret Gaya dan Panggil Balde?

ADVERTISEMENT

Enrique kok Buru-buru Amat Coret Gaya dan Panggil Balde?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 20 Nov 2022 20:40 WIB
MADRID, SPAIN - FEBRUARY 01:  Head coach Luis Enrique of FC Barcelona looks on before the start of the Copa del Rey Semi-final First Leg match between Atletico Madrid and FC Barcelona at Vincente Calderon on February 1, 2017 in Madrid, Spain.  (Photo by Denis Doyle/Getty Images)
Luis Enrique dianggap terlalu terburu-buru mencoret Jose Gaya (Foto: Getty Images/Denis Doyle)
Doha -

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, dianggap terburu-buru menggantikan Jose Gaya dengan Alejandro Balde dari skuad Piala Dunia 2022. Gaya kini dilaporkan sudah fit.

Jose Gaya awalnya masuk dalam daftar 26 pemain Spanyol yang dipanggil Enrique untuk Piala Dunia 2022. Bek kiri Valencia ini juga ada dalam daftar pemain saat Spanyol menang 3-1 atas Jordania. Namun, Gaya tak bermain.

Setelah laga ini, Gaya dicoret dari skuad La Furia Roja. Ia dilaporkan mengalami cedera pergelangan kaki saat latihan. Enrique mengambil keputusan cepat dengan langsung memanggil bek muda Barcelona Alejandro Balde.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Kontroversi kemudian muncul setelah menurut laporan Diario AS, tim medis Valencia menyebut Gaya dalam kondisi fit dalam pemeriksaan terbaru. Enrique dianggap tak sabaran menunggu Gaya pulih.

Keputusannya memanggil Balde menggantikan Gaya dinilai terlalu terburu-buru. Pemanggilan Balde ini juga memunculkan anggapan buruk lain untuk Enrique.

Enrique dianggap terlalu menganakemaskan pemain Barcelona. Hadirnya Balde membuat Tim Matador saat ini memiliki delapan pemain dari Barcelona. Tujuh pemain El Barca lainnya di Timnas Spanyol adalah Jordi Alba, Eric Garcia, Sergio Busquets, Gavi, Pedri, Ferran Torres, dan Ansu Fati.

Apalagi secara performa, Balde bisa dibilang juga belum teruji. Pemain 19 tahun tersebut memang mampu bikin tiga assist dari 13 laga di La Liga musim ini. Namun di Liga Champions, ia sering kali tak dibangku cadangkan pelatih El Barca, Xavi Hernandez.

Gaya secara pengalaman relatif lebih baik karena merupakan kapten Valencia dan punya 18 caps untuk Spanyol. Spanyol di Qatar nanti memiliki dua bek kiri yang sama-sama dari Barcelona yaitu Alba dan Balde.

(pur/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT