Jepang Lanjutkan Tren Bagus saat Laga Pembuka, Comeback Pertama Kalinya

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar Bersama Es Krim Aice

Jepang Lanjutkan Tren Bagus saat Laga Pembuka, Comeback Pertama Kalinya

Lucas Aditya - Sepakbola
Kamis, 24 Nov 2022 19:15 WIB
Jepang
Foto: Lucas Aditya/detikSport
Doha -

Timnas Jepang memetik kemenangan atas Timnas Jerman di Piala Dunia 2022. Samurai Biru juga menorehkan beberapa rekor.

Di Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022), Jepang menang 2-1 atas Jerman. Dalam laga itu, Jepang menang meski ketinggalan lebih dulu.

Die Mannschaft mencetak gol pada babak pertama dari penalti Ilkay Guendogan. Gol tambahan Jerman pada injury time paruh pertama laga, yang dicetak oleh Kai Havertz, dianulir wasit setelah melakukan review dengan VAR.

Pasukan Blue Samurai menunjukkan perjuangan tak kenal lelah. Hasilnya, Ritsu Doan menjebol gawang Manuel Neuer pada menit ke-75. Meneruskan sebuah bola liar di muka gawang, dia mencatatkan nama di papan skor.

Gol kemenangan Jepang tercipta delapan menit berselang. Takuma Asano memenangi adu lari dengan bek Jerman, lalu bisa menjaringkan bola ke arah tiang dekat melewati Neuer.

DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Jamal Musiala of Germany in action during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Nader Davoodi ATPImages/Getty Images)Jepang bungkam Jerman 2-1 (Foto: Getty Images)

FIFA melansir data ada dua rekor yang dibukukan Jepang. Mereka menang beruntun dalam dua pertandingan pertama fase grup Piala Dunia, atau memenangi tiga laga pembuka dari empat Piala Dunia terakhir. Di Rusia, Jepang mengalahkan Kolombia 2-1.

Catatan oke lainnya menyebutkan bahwa kemenangan atas Jerman menjadi kali pertama Jepang melakukan comeback di sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia. Yuta Nagatomo menjadi pemain Jepang yang paling sering tampil di Piala Dunia dengan catatan 12 laga. Bersama Makoto Hasebe dan Eiji Kawashima, Nagatomo tercatat sudah tampil dalam empat Piala Dunia.

Satu lagi rekor Nagatomo menjadi pemain tertua untuk Jepang yang tampil di Piala Dunia. Dia menjalani laga di pesta bola sejagad dengan usia 36 tahun 72 hari.

Doan menyebut golnya ke gawang Jerman sebagai yang terbaik di sepanjang kariernya sebagai pesepakbola. "Itu gol yang spesial. Saya sangat senang bisa bermain dan mencetak gol untuk tim nasional. Saya bangga pada diri saya, tapi ini baru satu pertandingan dan satu gol. Sekarang saya harus melakukan hal yang sama pada laga berikutnya," katanya selepas laga.

(cas/aff)