Portugal Vs Ghana: Lagi, Ronaldo 'Jadi' Pelatih

ADVERTISEMENT

Portugal Vs Ghana: Lagi, Ronaldo 'Jadi' Pelatih

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 25 Nov 2022 17:15 WIB
Portugals Cristiano Ronaldo celebrates after scoring a goal during the World Cup group H soccer match between Portugal and Ghana, at the Stadium 974 in Doha, Qatar, Thursday, Nov. 24, 2022. (AP Photo/Manu Fernandez)
Cristiano Ronaldo membantu Portugal kalahkan Ghana. (Foto: AP/Manu Fernandez)
Jakarta -

Aksi Cristiano Ronaldo di sisi lapangan, saat Portugal mengalahkan Ghana, menjadi sorotan. Pemain berusia 37 tahun itu tampil bagaikan seorang pelatih.

Portugal vs Ghana tersaji dalam matchday pertama Grup H Piala Dunia 2022 di Stadium 974, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Selecao das Quinas memimpin 1-0 lebih dulu di menit ke-65 lewat eksekusi Cristiano Ronaldo. Ghana mampu menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-73 melalui Andre Ayew.

Portugal kemudian membalas dengan dua gol lewat Joao Felix (78') dan Rafael Leao (80'), yang membuat skor berubah menjadi 3-1. Skor itu dirasa seperti sudah aman sehingga pelatih Fernando Santos mengganti Ronaldo dengan Goncalo Ramos.

Tak lama setelah pergantian itu, Portugal kebobolan lewat sundulan Osman Bukari dan skor berubah 2-3. Dalam situasi itu, Ronaldo kemudian berdiri di sisi lapangan sambil mengatur rekan-rekannya yang sedang bertanding.

Aksi Ronaldo itu menjadi sorotan. Dia tampak seperti mengambil alih tugas Fernando Santos dan sempat kaget ketika kiper Diogo Costa nyaris bikin kesalahan yang bisa membuat skor menjadi imbang.

Sebelum ini Ronaldo juga pernah mendadak "jadi" pelatih ketika memberikan arahan ke rekan-rekan satu timnya dari sisi lapangan di final Piala Eropa 2016 melawan Prancis. Ronaldo, yang tak bermain penuh karena cedera, sibuk ikut memberikan arahan demi timnya bisa mempertahankan skor 1-0.

Dua momen serupa yang dilakukan Ronaldo sejauh ini berhasil manis. Portugal menang melawan Ghana dan juga juara Piala Eropa 2016.

(ran/bay)

ADVERTISEMENT