Jerman Enggan Tersingkir di Awal Lagi, Hadapi 'Final' Lawan Spanyol

ADVERTISEMENT

Jerman Enggan Tersingkir di Awal Lagi, Hadapi 'Final' Lawan Spanyol

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 27 Nov 2022 08:20 WIB
Al Khor -

Jerman dalam situasi genting setelah kalah di laga pertama. Jerman kini wajib mengalahkan Spanyol untuk bertahan lebih lama di Piala Dunia 2022.

Die Mannschaft memulai turnamen ini dengan menderita kekalahan sensasional 1-2 dari Jepang. Jerman membuang keunggulan satu gol, sebelum terjungkal usai kebobolan dua gol dalam selang delapan menit.

Jerman tumbang di pertandingan pertama Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut. Pada turnamen sebelumnya di Rusia 2018, Thomas Mueller dkk ditundukkan Meksiko 0-1, yang pada prosesnya mereka tersingkir di fase grup. Setelahnya di Piala Eropa 2022, Jerman langsung masuk kotak di babak 16 besar.

Agar terhindar dari nasib serupa, Jerman kini mesti menang atas Spanyol saat kedua tim bersua di Stadion Al Bayt, Senin (28/11) dinihari WIB. Pelatih Jerman Hansi Flick menganggap pertandingan ini bak final bagi timnya.

"Dua turnamen terakhir memang tidak [bagus]. Kami ingin terhindar dari perulangan itu. Fokusnya adalah pada konsentrasi. Ini adalah final pertama untuk kami di Piala Dunia dan ini tentang hal itu - menghindari perulangan itu," lugas dia dikutip ESPN.

"Besok, kita akan melihat sebuah tim yang tahu apa pertaruhannya - sebuah tim yang akan melakukan segalanya untuk memastikan kami masih berpeluang mencapai babak 16 besar," lanjut Flick di laman resmi DFB.

Jerman mengincar kemenangan atas Spanyol tak sekadar demi kelolosan semata, melainkan juga demi melindungi reputasinya. Selama ini Jerman selalu dianggap sebagai salah satu favorit juara turnamen-turnamen utama.

"Ini akan terjawab pada hari Minggu. Mungkin kami punya jawaban lain untuk pertanyaan itu, jawaban yang tepat," imbuh Flick jelang pertandingan Spanyol vs Jerman.

(rin/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT