Keylor Navas Overpower Lawan Jepang

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar Bersama Es Krim Aice

Keylor Navas Overpower Lawan Jepang

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 28 Nov 2022 07:00 WIB
Costa Ricas goalkeeper Keylor Navas reaches for the ball to make a save during the World Cup, group E soccer match between Japan and Costa Rica, at the Ahmad Bin Ali Stadium in Al Rayyan, Qatar, Sunday, Nov. 27, 2022. (AP Photo/Hassan Ammar)
Aksi Kylor Navas di menit-menit akhir melawan Jepang. (Foto: AP/Hassan Ammar)
Al Rayyan -

Kosta Rika menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Jepang. Keylor Navas overpower menangkal serangan pasukan Samurai Biru.

Dalam pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium, Kosta Rika memetik kemenangan 1-0 atas Jepang. Gol dari Keysher Fuller yang menjadi penentu kemenangan dalam pertandingan, Minggu (27/11/2022).

Namun, Keylor Navas juga punya andil dalam keberhasilan Los Ticos menaklukkan Samurai Biru. Kehadiran kiper Paris Saint-Germain itu membuat gawang Kosta Rika bak tembok.

Samurai Tumpul Jepang

Jepang datang dengan catatan positif usai mengalahkan Jerman dengan skor akhir 2-1. Ketinggalan akibat gol dari Ilkay Guendogan, Jepang bisa membalas dengan gol Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Dengan catatan bagus itu, Jepang bisa menjadi negara Asia pertama yang menjejakkan kaki di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tapi, hal itu tak terwujud.

Serangan Jepang lebih banyak tak mencapai sasaran. Dalam catatan ESPN FC, ada 13 percobaan, 10 di antaranya melenceng.

Ketatnya pertahanan Kosta Rika disebut pelatih Jepang membuat anak-anak asuhnya tak berkutik. Dia pun menyebut hasil akhirnya memalukan.

"Pada babak pertama, kami tak bisa mengembangkan kesempatan. Saya yakin bahwa kami bermain oke, bagaimanapun hasil akhirnya memalukan," kata Moriyasu selepas pertandingan.

DOHA, QATAR - NOVEMBER 27: Keysher Fuller of Costa Rica celebrates after scoring their team's first goal during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Costa Rica at Ahmad Bin Ali Stadium on November 27, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Shaun Botterill - FIFA/FIFA via Getty Images)Keysher Fuller, si pencetak gol untuk Kosta Rika saat melawan Jepang. (Foto: FIFA via Getty Images/Shaun Botterill - FIFA)

Penyelamatan Prima Keylor Navas

Setelah kebobolan tujuh gol saat melawan Spanyol Keylor Navas mampu menjadi pahlawan ketika melawan Jepang. Dalam catatan ESPN FC, tercatat dia mampu melakukan empat save.

Tembakan Hidemasa Morita, Takuma Asano, dan tembakan dari Daichi Kamada yang berhasil memaksa Navas berjibaku untuk menyelamatkan gawang.

Sembari Navas tampil bagus di bawah mistar, Kosta Rika mampu tampil efektif. Gol mereka tercipta dari satu-satunya tendangan shot on target. Kepercayaan diri disebut oleh pemain penentu kemenangan Kosta Rika, Fuller.

"Kami mempunyai kepercayaan diri dengan bola dibandingkan dengan yang kami punya pada pertandingan pertama. Kami lebih fokus pada pertahanan dan mengambil keuntungan dari peluang di lini depan," kata Fuller.

Antrean Panjang Sebelum Kosta Rika Vs Jepang

Sebelum pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium, terjadi antrian panjang saat masuk stadion. Semua pintu masuk penuh, announcer menyebut penonton yang hadir di stadion lebih dari 40 ribu orang.

Kegagapan terjadi di antara para petugas yang menjaga di Ahmad bin Ali Stadium. Bahkan, petugas menutup priority access yang bersebelahan dengan pintu masuk media.

Seorang penyandang disabilitas dari London, Inggris, mengaku kecewa mendapatkan perlakuan yang tak membuatnya nyaman. "Sepertinya sekarang saya akan melewatkan pertandingan," kata dia saat sama-sama mengantre dengan detikcom.

Tak cuma penyandang disabilitas, anak-anak yang menggunakan stroller pun juga harus ikut mengantre dengan penonton biasa.

Di antara laga-laga yang didatangi oleh detikSport, baru kali ini terjadi permasalahan itu di Piala Dunia 2022.



Simak Video "Final Piala Dunia 2022, Rian d'Masiv: Ronaldo Gagal, Messi Juga!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT