Piala Dunia 2022: Menghitung Peluang Kelolosan dari Grup A

ADVERTISEMENT

Piala Dunia 2022: Menghitung Peluang Kelolosan dari Grup A

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 29 Nov 2022 09:00 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 25: Memphis Depay of Netherlands and Felix Torres of Ecuador battle for the ball during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group A match between Netherlands and Ecuador at Khalifa International Stadium on November 25, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Harry Langer/DeFodi Images via Getty Images)
Belanda dan Ekuador berpeluang besar lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images
Jakarta -

Belanda, Ekuador, dan Senegal akan bertarung merebut dua tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari jalur Grup A. Bagaimana peluang masing-masing negara? Berikut perhitungannya.

Matchday terakhir Grup A akan mempertemukan Ekuador vs Senegal dan Belanda vs Qatar pada Selasa (29/11) pukul 22.00 WIB. Laga pertama akan digelar di Khalifa International Stadium, sedangkan satu lagi di Al Bayt Stadium.

Qatar sudah dipastikan tersingkir usai menelan dua kekalahan, sehingga laga terakhir melawan Belanda secara matematis tak lagi berpengaruh untuk mereka. Meski demikian, dua negara lain tentu berharap tuan rumah mampu meraih kemenangan.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Virgil van Dijk of the Netherlands, middle, with teammates at the end of the World Cup group A soccer match between Netherlands and Ecuador, at the Khalifa International Stadium in Doha, Qatar, Friday, Nov. 25, 2022. (AP Photo/Themba Hadebe)Belanda saat ini masih memimpin klasemen Grup A. Foto: AP/Themba Hadebe

Saat ini, Belanda ada di urutan pertama dengan empat poin dari dua laga. Ekuador menyusul dengan poin dan selisih gol sama namun kalah dari segi sportivitas akibat jumlah kartu kuning lebih banyak. Berikutnya ada Senegal dengan tiga poin.

Berikut ini adalah skenario peluang masing-masing tim (sekali lagi, tidak termasuk Qatar) untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Hitung-hitungan di bawah ini menunjukkan persaingan di Grup A amat ketat.

Belanda lolos ke 16 besar jika:

- menang atau seri melawan Qatar
- kalah dari Qatar, namun Ekuador mengalahkan Senegal
- kalah dari Qatar dengan selisih satu gol dan Ekuador vs Senegal berakhir imbang
- Qatar dan Senegal menang, namun selisih gol kemenangan Qatar lebih kecil dari Senegal
- Belanda dan Ekuador kalah dengan skor sama, namun Belanda punya rekor disiplin (kartu kuning dan kartu merah) lebih baik dari Ekuador

Ekuador lolos ke 16 besar jika:

- menang atau seri melawan Senegal
- kalah dari Senegal, namun Belanda kalah dari Qatar dengan selisih gol lebih besar
- Ekuador dan Belanda kalah dengan skor sama, namun Ekuador punya rekor disiplin (kartu kuning dan kartu merah) lebih baik dari Belanda

Senegal lolos ke 16 besar jika:

- menang atas Ekuador
- seri melawan Ekuador dan Qatar menang 2-0 atau selisih minimal tiga gol atas Belanda
- seri melawan Ekuador dan Belanda kalah dari Qatar yang berujung memiliki jumlah gol dan kebobolan sama dengan Belanda, namun unggul rekor disiplin (kartu kuning dan kartu merah)

Klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022

Negara
PoinMain
MenangKalahSeriSelisih Gol
1. Belanda421013-1
2. Ekuador421013-1
3. Senegal321103-3
4. Qatar020201-5
(adp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT