Sensor di Bola Pastikan Ronaldo Tak Cetak Gol ke Gawang Uruguay

ADVERTISEMENT

Sensor di Bola Pastikan Ronaldo Tak Cetak Gol ke Gawang Uruguay

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 29 Nov 2022 20:15 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - NOVEMBER 28: Cristiano Ronaldo of Portugal attempts a shot during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Portugal and Uruguay at Lusail Stadium on November 28, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Etsuo Hara/Getty Images)
Sensor bola pastikan Cristiano Ronaldo tak cetak gol ke gawang Uruguay (Foto: Getty Images/Etsuo Hara)
Jakarta -

Bola tak mengenai kepala Cristiano Ronaldo sebelum gol Portugal ke gawang Uruguay. Hal itu dipastikan dari sensor yang tertanam di bola yang digunakan.

Portugal berhasil mengalahkan 2-0 Uruguay di Lusail Iconic Stadium, Lusail, dalam matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Bruno Fernandes menjadi bintang kemenangan Selecao das Quinas usai bikin brace.

Namun sempat terjadi kebingungan soal siapa pencetak gol pertama Portugal. Gol lahir saat Bruno Fernandes mengirim umpan ke depan gawang, Cristiano Ronaldo kemudian berusaha menyundul bola sebelum meluncur ke pojok gawang Sergio Rochet.

Ronaldo langsung berselebrasi seakan-akan dirinya menanduk bola umpan Bruno menjadi gol. Papan skor juga sempat menulis nama Ronaldo sebagai pencetak gol.

Portugal's Cristiano Ronaldo, center, celebrates with teammates after scoring his side's opening goal during the World Cup group H soccer match between Portugal and Uruguay, at the Lusail Stadium in Lusail, Qatar, Monday, Nov. 28, 2022. (AP Photo/Darko Vojinovic)Cristiano Ronaldo berselebrasi di laga melawan Uruguay (AP Photo/Darko Vojinovic) Foto: AP/Darko Vojinovic

Hal ini tapi kemudian berubah setelah Ronaldo dianggap sama sekali tak mengenai bola kiriman Bruno. Bola memang terlihat melintas tipis di atas kepala CR7. Gol pertama Portugal tercatat menjadi milik Bruno.

Di media sosial perdebatan soal ini terus berlanjut. Masih ada beberapa pihak merasa kepala Ronaldo menyentuh bola sebelum berbuah gol.

Titik terang soal perdebatan ini akhirnya hadir berkat sensor yang tertanam di bola Al Rihla yang dipakai pada laga Portugal vs Uruguay. Sensor tak mendeteksi bahwa bola menyentuh Ronaldo sebelum gol pertama Portugal terjadi. Hal tersebut diungkap FIFA yang dikonfirmasi oleh Adidas selaku pembuat Al Rihla dikutip dari Daily Mail.

"Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, dengan menggunakan teknologi yang ada di bola pertandingan resmi Al Rihla, Adidas, kami dapat secara definitif menunjukkan tidak adanya kontak bola dengan Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam pertandingan," bunyi pernyataan Adidas.

"Tidak ada tekanan dari luar yang yang masuk dalam alat pengukur ditunjukkan oleh tidak adanya tanda grafik naik dalam grafik di alat pengukur. Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami untuk sangat akurat dalam analisis kami," lanjut pernyataan tersebut.

(pur/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT