Menyambangi Museum FIFA di Doha

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar Bersama Es Krim Aice

Menyambangi Museum FIFA di Doha

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 30 Nov 2022 09:25 WIB
Museum FIFA
Mengunjungi FIFA Museum di Doha (Lucas Aditya/detikSport)
Doha -

FIFA Fan Festival di Piala Dunia 2022 juga dilengkapi dengan sebuah museum. Ada banyak barang bersejarah dari Piala Dunia yang dipamerkan di sana.

Bersamaan dengan digelarnya Piala Dunia 2022, ada juga FIFA Fan Festival. Bertempat di Al Bidda Park, kegiatan itu berlangsung dari tanggal 19 November-18 Desember 2022.

Layar besar dan hiburan-hiburan sudah disiapkan untuk mengisi FIFA Fan Festival. Untuk masuk ke area ini gratis, cuma harus menunjukkan Hayya Card.

Bekerja sama dengan Hyundai, FIFA membuat stand museum. Isinya, barang memorabilia dari Piala Dunia pertama sampai edisi terakhir di Rusia.

Setiap edisi Piala Dunia ditulis pemenangnya, pencetak gol terbanyak, dan ada jersey yang dipamerkan berdasarkan negara-negara yang lolos kualifikasi saat ini. Piala Dunia 1930 di Uruguay yang menjadi edisi pertama. Tak lupa juga, ada bola-bola resmi Piala Dunia masing-masing edisi.

Museum FIFAMuseum FIFA Foto: Lucas Aditya/detikSport

Arsip mengenai keberhasilan Inggris memenangi Piala Dunia 1966 juga tersimpan rapi. Ada jersey yang dikenakan oleh pemain The Three Lions, Roger Hunt.

Replika piala Jules Rimet yang sudah menjadi hak Brasil juga dipamerkan di sana. Selecao berhak menyimpan Jules Rimet karena memenangi Piala Dunia untuk ketiga kalinya pada 1970. Dalam penjelasan di boks, disebutkan bahwa Jules Rimet sudah pernah dicuri beberapa kali hingga ditemukan lagi.

Museum FIFAMuseum FIFA Foto: Lucas Aditya/detikSport
Museum FIFAMuseum FIFA Foto: Lucas Aditya/detikSport

Hyundai juga menyisipkan Century Team. Anggotanya ada para anggota boyband Korea Selatan, BTS. Ada juga eks pesepakbola Steven Gerrard dan Park Ji-sung.

(cas/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT