Puasa Medsos Bawa Berkah untuk Socceroos

ADVERTISEMENT

Puasa Medsos Bawa Berkah untuk Socceroos

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 01 Des 2022 09:20 WIB
AL WAKRAH, QATAR - NOVEMBER 30: Australia players celebrate their 1-0 victory in during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group D match between Australia and Denmark at Al Janoub Stadium on November 30, 2022 in Al Wakrah, Qatar. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Timnas Australia puasa media sosial di fase grup Piala Dunia 2022 (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Al Wakrah -

Australia gemilang dengan merebut tiket 16 Besar Piala Dunia 2022. Larangan bermain media sosial dari sang pelatih membawa berkah.

Australia mengejutkan publik di laga terakhir Grup D, Rabu (30/11/2022) malam WIB. Menghadapi Denmark, Australia yang butuh kemenangan mampu menuntaskan tugasnya dengan baik.

Gol tunggal Mathew Leckie di menit ke-60 memastikan kelolosan ke babak gugur. Australia finis posisi kedua grup dengan enam poin, hanya kalah selisih gol dari Prancis yang jadi juara grup.

Ini merupakan prestasi tersendiri untuk Australia yang datang ke turnamen sebagai underdog. Kualitas skuad asuhan Graham Arnold itu tidak sementereng para pesaingnya di grup.

Belum lagi Australia dibantai 1-4 oleh Prancis pada laga pembuka, sebelum akhirnya bangkit untuk menang 1-0 atas Tunisia di laga kedua. Hasil atas Tunisia itu dianggap jadi momentum kebangkitan Australia.

Sebab setelah pertandingan itu, Australia dilarang melakukan selebrasi apapun, termasuk mengunggahnya di media sosial. Arnold tidak ingin ada gangguan dari luar yang bisa merusak fokus Matthew Ryan dkk dan terbukti jitu.

"Tidak ada perayaan! Itulah kenapa kami bisa menang lagi, setelah meraih kemenangan hebat atas Tunisia. Tidak ada selebrasi, tidak ada emosi, tidur saja, dan tidak ada medsos," ujar Graham Arnold seperti dikutip The Athletic.

"Saya akan terus membicarakan ini kok, dan saya harap kalian semua yakin kalau saya tidak membaca media sama sekali.

"Saya tahu bagaimana efeknya ke orang-orang, dan itu punya berefek besar kepada para selebriti, atlet top, atau siapapun. Mereka yang memujimu hari ini bisa saja membunuhmu besok."

Jadi, mau terus puasa medsos nih, Australia?

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT