Spanyol Bakal Incar Runner-up Grup demi Hindari Brasil?

ADVERTISEMENT

Spanyol Bakal Incar Runner-up Grup demi Hindari Brasil?

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 01 Des 2022 11:40 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: The Spain starting eleven line up for a team photo prior to kick off, back row ( L to R ); Ferran Torres, Aymeric Laporte, Rodri, Marco Asensio, Sergio Busquets and Unai Simon, front row ( L to R ); Cesar Azpilicueta, Pedri, Dani Olmo, Gavi and Jordi Alba, in the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Spain and Costa Rica at Al Thumama Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Youssef Loulidi/Fantasista/Getty Images)
Foto: Getty Images/Fantasista
Jakarta -

Spanyol berpeluang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. Namun, jalur runner-up grup dinilai lebih baik. Akankah Spanyol mengambil risiko?

Spanyol saat ini memimpin klasemen Grup E dengan empat poin. Jepang dan Kosta Rika menyusul dengan tiga poin, sedangkan Jerman jadi juru kunci dengan satu poin.

Spanyol akan menghadapi Jepang di laga terakhir Grup E di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Di saat bersamaan, Jerman ditantang Kosta Rika.

Juara Grup E akan menghadapi runner-up Grup F --kemungkinan Maroko, Kroasia, Belgia-- di babak 16 besar. Pemenangnya kemudian akan melawan juara Grup G, kemungkinan besar Brasil, atau runner-up Grup H di perempatfinal.

Sementara itu, runner-up Grup E akan melawan juara Grup F. Pemenangnya akan menghadapi juara Grup H atau runner-up Grup G.

Pelatih Spanyol Luis Enrique menegaskan timnya akan tetap mengincar juara grup. Spanyol tidak akan mengambil risiko yang bisa saja malah membuat mereka tersingkir.

"Pertanyaan bagus, karena kami juga memikirkannya," ujar Enrique dalam konferensi pers, Rabu (30/11), saat ditanya apakah finis kedua akan lebih baik untuk Spanyol.

"Tapi bayangkan kami ingin finis kedua, kami sampai di menit ke-90 dan skor 0-0 di kedua pertandingan, dan pada menit ke-95 dengan 15 detik tersisa, Jepang dan Kosta Rika sama-sama bikin gol. Anda bertaruh, dan Anda tersingkir."

"Atau bayangkan Jerman unggul 5-0, kami mengincar imbang, dan Jepang mencetak gol dan kami tersingkir,"

"Ketika Anda yakin kalau punya tim yang sangat bagus dan ingin main tujuh pertandingan (untuk sampai final), ini bukan soal finis kedua. Kami ingin finis pertama. Kalau kami menghadapi Brasil di perempatfinal, bagus, kami akan menghadapi Brasil. Tapi kami tidak akan membuat rencana berdasarkan sesuatu yang belum tentu terjadi," kata Enrique di ESPN.

(nds/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT