Szczesny Jago Hadapi Penalti karena Pola Latihan Juventus

ADVERTISEMENT

Szczesny Jago Hadapi Penalti karena Pola Latihan Juventus

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 01 Des 2022 19:20 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 30: Poland goalkeeper Wojciech Szczesny saves a penalty from Lionel Messi of Argentina during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group C match between Poland and Argentina at Stadium 974 on November 30, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images)
Wojciech Szczesny jago di penalti karena pola latihan Juventus (Foto: Simon Stacpoole/Offside/Getty Images)
Doha -

Wojciech Szczesny semakin menegaskan sebagai kiper yang jago dalam penalti usai menepis tendangan Lionel Messi. Pola latihan di Juventus jadi kuncinya.

Polandia kalah 0-2 dari Argentina di laga terakhir Grup C di Stadium 974, Doha, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Albiceleste lahir dari Alexis MacAlister dan Julian Alvarez.

Meski kalah, Polandia tetap lolos ke 16 besar sebagai runner up grup mendampingi Argentina di puncak klasemen. Polandia mengumpulkan empat poin terpaut dua angka dari Argentina dan hanya unggul selisih gol dari Meksiko di posisi ketiga.

Kegemilangan Wojciech Szczesny di laga ini jadi salah kunci kelolosan Polandia karena tak banyak kebobolan. Kiper Juventus ini bikin sembilan penyelamatan sepanjang 90 menit.

Salah satu yang paling gemilang tentu saat Szczesny menepis penalti Lionel Messi. Penalti ini didapat Argentina secara kontroversial akibat upaya tangan Szczesny mengenai wajah Messi saat berusaha menghalau umpan silang.

Szczesny mantap menebak tembakan Messi ke arah kiri. Ia lalu merentangkan tanganya ke atas untuk menepis bola.

Legenda Inggris Rio Ferdinand tak ragu menyebut Szczesny sebagai salah satu kiper terbaik dalam menghadapi penalti. Ia kagum usai melihat Szczesny mengamankan sepakan Messi.

"Szczesny adalah salah satu kiper dalam menghadapi penalti terbaik di dunia. Kiper dan pelatih harus menganalisisnya,' kata Ferdinand di BBC One.

Szczesny memang begitu handal dalam menghadapi situasi di titik 12 pas. Ini merupakan kali kedua kiper 32 tahun ini menggagalkan penalti di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, ia berhasil membendung penalti pemain Arab Saudi Salem Al-Dawsari.

Tak hanya piawai di Timnas, hal serupa juga ditunjukkan Szczesny di klub. Ia sudah menggagalkan 26 penalti dari total 87 penalti yang dia hadapi dalam kariernya di klub dan timnas.

Kemampuan Szczesny dalam menghadapi penalti meningkat drastis usai bergabung dengan Juventus. Pola latihan Si Nyonya Tua punya peran penting mengembangkan kemampuan Szczesny ini. Ia mengungkap beberapa waktu lalu terbiasa menganalisa penalti di Juventus.

"Di Juventus kami telah mengembangkan metode untuk menganalisis para penendang penalti. Dalam dua tahun terakhir kami telah menyelamatkan jumlah penalti yang sama dengan jumlah kebobolan," ujar Szczesny dikutip dari Marca.

"Saya akan mengatakan metode ini berhasil, tetapi saya memberikan pujian kepada [pelatih penjaga gawang] Claudio Filippi," jelasnya.

(pur/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT