Gol Kontroversial Jepang Jadi Karma buat Jerman?

ADVERTISEMENT

Gol Kontroversial Jepang Jadi Karma buat Jerman?

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 07:20 WIB
Doha -

Gol kedua Jepang ke gawang Spanyol jadi kontroversi, terlihat sudah lewati garis (out) tapi tetap disahkan. Apa itu jadi karma buat Jerman kepada Frank Lampard?

Jepang vs Spanyol tersaji di Khalifa Stadium, Doha Jumat (2/12) dini hari WIB dalam lanjutan Piala Dunia 2022 Grup E. Laga berjalan ketat dan penuh kejutan.

Alvaro Morata bawa Spanyol unggul duluan di menit ke-11. Jepang bangkit di babak kedua lewat dua gol dalam waktu tempo cepat yang dicetak Ritsu Doan ('48) dan Ao Tanaka (51').

Masalahnya, gol kedua Jepang dinilai kontroversi. Dalam situasi serangan balik, Doan mengirim bola mendatar dari sisi kiri gawang Spanyol ke seberang.

Kaoru Mitoma mengejarnya, lalu mengirim umpan ke depan gawang. Ao Tanaka tanpa cela menuntaskannya.

Wasit Victor Gomes sempat lama meninjau VAR. Akhirnya diputuskan, gol kedua Jepang itu sah!

Dilansir dari Mirror, FIFA telah menjelaskan keputusan tersebut meskipun tayangan ulang menunjukkan bola sepertinya sudah keluar ketika disepak Mitoma sebelum jadi gol.

Diketahui lewat beberapa sudut kamera, ada kelengkungan bola yang belum sepenuhnya melewati garis. Hanya saja dari tayangan ulang di TV, terlihat bolanya seperti sudah out.

DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Kaoru Mitoma of Japan keeps the ball in play and crosses to Ao Tanaka of Japan who scores a goal to make it 2-1 during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Spain at Khalifa International Stadium on December 1, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)Momen bola yang disepak Mitoma seperti sudah meninggalkan lapangan (Foto: Getty Images)

Di sosial media, banyak pecinta sepakbola yang menilai kalau gol kontroversial Jepang itu bagaikan karma buat Jerman. Ingat nggak di Piala Dunia 2010 pada 12 tahun lalu, ketika Jerman hadapi Inggris?

Ketika itu di babak 16 besar dalam posisi Inggris tertinggal 1-2, Frank Lampard melepas sepakan keras ke gawangnya Neuer.

Bola kena tiang atas dan memantul ke tanah. Neuer langsung mengambilnya dan langsung melempar ke depan untuk serangan balik.

Dalam tayangan ulang, ketika itu terlihat bola sudah melewati garis gawang dan harusnya dinyatakan masuk. Namun saat itu belum ada teknologi VAR, jadilah 'gol hantu' alias tidak disahkan. Ujungnya, Inggris kalah 1-4.

Jadi serasa kena karma ya kini, Jerman?

(aff/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT