Luis Enrique Nggak Sadar Spanyol Nyaris Gagal ke 16 Besar

ADVERTISEMENT

Luis Enrique Nggak Sadar Spanyol Nyaris Gagal ke 16 Besar

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 10:45 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Luis Enrique, head coach of Spain reacts during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Spain at Khalifa International Stadium on December 01, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Juan Luis Diaz/Quality Sport Images/Getty Images)
Foto: Getty Images/Quality Sport Images
Doha -

Spanyol nyaris tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022 ketika Kosta Rika unggul atas Jerman. Kalau tahu akan hal itu, Luis Enrique bisa kena serangan jantung!

Jepang vs Spanyol berlangsung di Khalifa Stadium, Doha Jumat (2/12) dini hari WIB dalam lanjutan Piala Dunia 2022 Grup E. Laga ini berjalan penuh kejutan, yang mana di waktu yang sama juga digelar Kosta Rika vs Jerman.

Alvaro Morata bawa Spanyol unggul duluan di menit ke-11. Jepang bangkit di babak kedua lewat dua gol dalam waktu tempo cepat yang dicetak Ritsu Doan ('48) dan Ao Tanaka (51').

Ada momen menegangkan buat fans Tim Matador ketika Kosta Rika berbalik unggul atas Jerman. Itu ketika Kosta Rika cetak gol kedua yang tercatat atas gol bunuh diri Manuel Neuer di menit ke-70!

Dalam klasemen Grup E (saat Kosta Rika memimpin), Jepang berada di puncak grup dengan enam poin. Kosta Rika di bawahnya dengan enam poin hanya kalah selisih gol.

Celakanya, Spanyol sempat turun ke peringkat ketiga. Spanyol pun terancam gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022!

Beruntung buat Spanyol, Jerman samakan kedudukan jadi 2-2 dalam tempo hanya tiga menit lewat gol Kai Havertz. Saat itu, Spanyol naik lagi ke peringkat kedua dengan empat poin dan Kosta Rika di bawahnya dengan empat poin tapi kalah selisih gol.

Akhirnya Jerman menang 4-2. Spanyol yang tetap kalah, bisa melangkah dengan status runner up ke fase gugur.

"Saya tidak memperhatikan, memangnya benar? Kapan itu?" pelatih Spanyol bertanya balik ketika ditanya bagaimana perasaannya ketika tahu Spanyol bisa tersingkir saat Kosta Rika unggul atas Jerman, seperti dilansir AS.

"Luar biasa, saya tidak tahu karena fokus ke pertandingan tim. Jika saya tahu, saya akan mengalami serangan jantung," tambah Luis Enrique.

Spanyol selanjutnya akan hadapi Maroko di babak 16 besar Piala Dunia pada 6 Desember mendatang.

"Tidak ada yang perlu dirayakan, kami kalah dan kebobolan dua kali dalam waktu cepat," kata Luis Enrique menyinggung soal performa timnya walau lanjut ke babak selanjutnya.

(aff/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT