Spanyol Nggak Kesal dengan Gol Kontroversial Jepang, tapi...

ADVERTISEMENT

Spanyol Nggak Kesal dengan Gol Kontroversial Jepang, tapi...

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 13:40 WIB
Spains coach #00 Luis Enrique reacts during the Qatar 2022 World Cup Group E football match between Japan and Spain at the Khalifa International Stadium in Doha on December 1, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) (Photo by JAVIER SORIANO/AFP via Getty Images)
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique. (Foto: AFP via Getty Images/JAVIER SORIANO)
Doha -

Luis Enrique enggan mempermasalahkan gol kontroversial Jepang ke gawang Spanyol. Ada satu hal yang disorot pelatih La Furia Roja terkait Nippon. Apa itu?

Spanyol harus mengakui keunggulan Jepang dalam laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Tim Matador kena sabet Samurai Biru 1-2 di Stadion Internasional Khalifa.

Alvaro Morata sempat membawa Spanyol unggul di babak pertama. Jepang membalikkan keadaan di paruh kedua lewat gol Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Ada kontroversi yang mewarnai gol penentu kemenangan Jepang yang dicetak Tanaka. Sang pemberi assist, Kaoru Mitoma, mengirim bola yang tampak sudah keluar garis lapangan.

Wasit Victor Gomes cukup lama meninjau proses terjadinya gol itu di layar Video Assistant Referee (VAR). Gomes akhirnya memutuskan gol Jepang sah.

DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Kaoru Mitoma of Japan keeps the ball in play and crosses to Ao Tanaka of Japan who scores a goal to make it 2-1 during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Spain at Khalifa International Stadium on December 1, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)Kaoru Mitoma saat memberi assist untuk gol Ao Tanaka. Foto: Getty Images

Dalam sudut pandang bagian atas, bola masih berada di atas garis lapangan. Alhasil, bola dinyatakan belum keluar dan Jepang berhak atas gol tersebut.

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, angkat bicara soal gol kedua Jepang. Dia enggan mempermasalahkan itu lebih jauh dan menyoroti kegigihan Samurai Biru menghadapi timnya.

"Dalam sepak bola tidak ada sisi baik atau buruk. Dalam sepak bola ada kelebihan dan saya tidak senang sama sekali. Saya ingin menjadi yang pertama dan menang," kata Enrique, dikutip dari Marca.

"Jepang telah melampaui kami. Kami memulai dengan baik, mencetak gol dan tanpa mengalami situasi berbahaya. Di babak pertama kami sudah mengatakan untuk berhati-hati dengan Jepang dan lihat, begitu kami mulai lagi, kami jadi berantakan," sambungnya.

"Saya tidak punya apa-apa untuk dirayakan, saya sama sekali tidak senang. Jika Jepang bertekad memasukkan dua gol, mereka bakal mencetaknya."

"Saya sudah melihat foto yang jelas-jelas dipalsukan, tidak mungkin foto tersebut asli. Itu pasti dimanipulasi," demikian kata Luis Enrique soal gol kontroversial Jepang.

Kemenangan ini membawa Jepang lolos ke 16 besar dengan status jawara Grup E. Spanyol menemani Nippon sebagai runner-up grup.



Simak Video "Catatan 'Si Pai' di Piala Dunia 2022 Qatar"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT