Kamu Bertanya-tanya Gol Kontroversial Jepang? Ini Penjelasannya

ADVERTISEMENT

Kamu Bertanya-tanya Gol Kontroversial Jepang? Ini Penjelasannya

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 09:15 WIB
Doha -

Gol kedua Jepang yang jadi kontroversial karena terlihat bola keluar lapangan sebelum jadi gol, bikin perdebatan. Begini video penjelasan simpelnya.

Jepang vs Spanyol berlangsung di Khalifa Stadium, Doha Jumat (2/12) dini hari WIB pada lanjutan Piala Dunia 2022 Grup E. Laga ini berjalan penuh kejutan dan drama!

Jepang memenangi laga lewat comeback dan menang 2-1 atas Spanyol. Akan tetapi, gol penentu kemenangan Samurai Biru terlihat kontroversial.

Dalam situasi serangan balik, Doan mengirim umpan mendatar dari sisi kiri gawang Spanyol ke sisi kanan.

Kaoru Mitoma mengejarnya, lalu mengirim umpan ke depan gawang. Ao Tanaka lantas tanpa cela bikin sontekan dan gol.

Nah ketika Mitoma mengejar bola, terlihat si kulit bundar seperti sudah keluar lapangan atau lewati garis. Dalam tayangan ulang, memang terlihat jelas sekali akan hal itu.

Wasit Victor Gomes cukup lama meninjau VAR untuk menilai perihal tersebut. Peluit kemudian dibunyikan dan akhirnya itu dinyatakan sebagai gol Jepang!

Give Me Sport melansir, masalah bola yang terlihat seperti keluar garis merupakan hanya beberapa sudut pengambilan gambar yang tidak rinci, Andai di ambil dari angle bagian atas, maka terlihat ada lengkungan bola yang masih berada di atas garis lapangan alias belum keluar!

FIFA pun telah menjelaskan keputusan tersebut. Ada banyak sudut kamera di lapangan yang memantau bola.

Selain itu, juga ada sensor pada bola yang makin memudahkan kinerja wasit untuk mendapatkan gambaran situasi terakhir sebelum suatu kejadian. Hal itu sudah dilakukan ketika membantu mengambil keputusan pada situasi offside.

Sekali lagi, sudut pengambilan gambar menjadi poin pentingnya. Give Me Sport pun memberi penjelasan simpel pada posting-an berikut ini:

(aff/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT