16 Besar Piala Dunia 2022 Masih Potensial Hadirkan Kejutan!

ADVERTISEMENT

16 Besar Piala Dunia 2022 Masih Potensial Hadirkan Kejutan!

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 19:15 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Walid Regragui, Head Coach of Morocco, celebrates with the team after their qualification to the knockout stages during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group F match between Canada and Morocco at Al Thumama Stadium on December 01, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Michael Regan - FIFA/FIFA via Getty Images)
Foto: (Michael Regan/Getty Images)
Jakarta -

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 telah menemukan enam pasang lawan. Menilik duel-duel itu, kembali ada potensi kejutan seperti di fase grup.

Piala Dunia Qatar sulit untuk ditebak siapa yang akan bisa menang dalam sebuah pertandingan. Kejutan awal bermula dari kekalahan Argentina 1-2 dari Arab Saudi di matchday awal fase grup.

Pada prosesnya, meski kalah di awal, Argentina berhasil melaju ke fase gugur dengan status juara grup. Arab Saudi malah tersingkir dari perhelatan Pesta Bola Dunia ini.

Kejutan lainnya kekalahan Jerman dari Jepang. Jerman kemudian angkat kaki dari Qatar dan Jepang mampu melaju sebagai juara grup usai mengalahkan Spanyol.

Maroko juga mengejutkan di Piala Dunia Kali ini Hakim Ziyech dkk. berhasil melaju dengan status juara grup. Belgia justru tersingkir dari persaingan, yang salah satunya karena kalah dari Maroko..

12 negara sudah maju ke babak 16 besar. Belanda selaku juara Grup A dipertemukan dengan Amerika Serika Sebagai runner-up Grup B.

Belanda bisa saja mengalami kesulitan pada fase ini. Anak asuh Louis van Gaal sejatinya tidak tampil istimewa di fase grup. Amerika bisa mengejutkan karena pada generasi sekarang sudah jauh beda dengan yang dulu, dan Inggris pun tak bisa mengalahkan Christian Pulisc Cs.

Ada pula pertemuan Jepang dengan Kroasia. Jepang bisa kembali memberikan kejutan kepada Kroasia selaku finalis Piala Dunia 2018.

Kroasia saat ini masih bermain solid di tengah, tapi Jepang punya kecepatan yang mematikan. Hal itu bisa menguras tenaga beberapa pemain berusia senja yang menjadi starter tim besutan Zladko Dalic.

Inggris harus berhadapan dengan Senegal pada fase 16 besar dan anak asuh Gareth Southgate belum terlihat menjanjikan. Inggris memang bisa mengalahkan Iran dengan skor 6-2 dan dan menumbangkan Wales 3-0, namun penampilan melawan Amerika Serikat patut dipertanyakan.

Senegal punya kualitas di atas para lawan Inggris saat di fase grup. Klidou Koulibaly dkk. berpotensi merepotkan The Three Lions.

Spanyol di atas kertas bertemu lawan yang lebih baik dengan status runner-up. Tim Matador berhadapan dengan Maroko daripada Kroasia, tapi dengan apa yang sudah terjadi di fase grup semua harus waspada pada lawan.

Dua laga lainnya ada Argentina vs Australia, namun Tim Tanggo tampaknya bisa melaju mulus usai belajar dari kekalahan awal. Kemudian Prancis dipertemukan dengan Polandia dab Les Blues bisa menang dengan mudah.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT