FIFA: Kiper Polandia Langgar Messi, Pantas Diganjar Penalti

ADVERTISEMENT

FIFA: Kiper Polandia Langgar Messi, Pantas Diganjar Penalti

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 19:45 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 30: Lionel Messi of Argentina is fouled by Wojciech Szczesny of Poland which leads to a penalty during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group C match between Poland and Argentina at Stadium 974 on November 30, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Pelanggaran Wojciech Szczesny kepada Lionel Messi pantas diganjar penalti (Getty Images/Matthias Hangst)
Doha -

Meski gagal, penalti Lionel Messi saat Argentina vs Polandia masih diperdebatkan keabsahannya. Tapi, FIFA mendukung penuh keputusan wasit Danny Makiele.

Pertandingan di Stadium 974, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB memasuki menit ke-37 saat Makiele menghukum Polandia dengan penalti.

Sepakan 12 pas diberikan setelah kiper Polandia Wojciech Szczesny melanggar Messi dalam duel udara. Szczesny melompat untuk meninju bola, tapi malah kena muka Messi dan membuat si pemain terkapar.

Beruntung bagi Szczesny, sepakan Messi gagal karena berhasil dibaca olehnya yang bergerak ke sisi kiri. Pada babak kedua, Szczesny malah kebobllan dua gol oleh Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez.

Argentina pada akhirnya lolos sebagai juara Grup C disusul Polandia sebagai runner-up. Meski Argentina menang, keputusan penalti untuk mereka tetap diprotes keras.

Beberapa mantan pesepakbola yang kini pandit seperti Chris Sutton, Rio Ferdinand, dan Alan Shearer menyebut keputusan Makiele itu memalukan.

Szczesny dinilai dalam posisi 50:50 saat perebutan bola di udara dan tangannya tidak sengaja mengenai wajah Messi.

Meski Makiele dikritik keras, FIFA menurut Daily Mail sudah senang dengan keputusan wasit asal Belanda itu. Menurut FIFA, Szczesny pantas dihukum karena lalai menjaga tangannya sehingga merugikan lawan.

Apalagi penalti pun diberikan setelah melalui tinjauan VAR. Sayangnya, dalam beberapa pertandingan lain, keputusan serupa justru tidak diberikan penalti.

Itu terjadi pada laga Senegal kontra Qatar, ketika tuan rumah tidak mendapat penalti saat Akram Afif dilanggar Ismaila Sarr. Lalu, pada laga Ghana vs Portugal, Ronaldo mendapat penalti karena dijatuhkan oleh lawan dalam perebutan bola serupa.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT