Ada 'Berkah' di Balik Kekalahan Spanyol dari Jepang

ADVERTISEMENT

Ada 'Berkah' di Balik Kekalahan Spanyol dari Jepang

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 20:00 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Pedri of Spain clashes with Ritsu Doan and Ao Tanaka of Japan during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Spain at Khalifa International Stadium on December 01, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Youssef Loulidi/Fantasista/Getty Images)
Spanyol tumbang di tangan Jepang. (Foto: Getty Images/Fantasista)
Jakarta -

Ada berkah tersembunyi di balik kekalahan Spanyol melawan Jepang. La Furia Roja 'terhindar' dari potensi lawan-lawan sulit di fase gugur.

Spanyol tumbang di tangan Jepang dalam laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Alvaro Morata dkk menyerah 1-2 setelah sempat unggul di babak pertama.

Kekalahan ini membawa Spanyol finis sebagai runner up grup di bawah Jepang. Tim Matador mengumpulkan 4 poin dari 3 pertandingan dan unggul selisih gol ketimbang Jerman yang punya poin sama.

Hasil mengejutkan di laga Jepang vs Spanyol menjadi pembicaraan hangat penggemar sepakbola dunia. Tidak sedikit yang menilai Spanyol 'diuntungkan' atas kekalahan ini.

Ya, Spanyol terhindar dari Kroasia selaku runner up Grup F di babak 16 besar. Jepang sebagai jawara Grup E yang bakal bentrok dengan Vatreni.

Spanyol sendiri dijadwalkan bertemu juara Grup F, Maroko. Singa Atlas dianggap 'enteng' ketimbang Kroasia yang merupakan runner-up Piala Dunia 2018,

Merujuk ke bagan fase gugur Piala Dunia 2022, Spanyol terhindar dari lawan-lawan kelas kakap apabila berhasil menembus final. Pemilik satu bintang Piala Dunia ini tidak akan bertemu Belanda, Kroasia, Argentina, Jepang, dan Brasil.

Ada pun calon-calon lawan Spanyol di fase gugur hingga final bisa dikatakan berimbang. La Furia Roja berpotensi bertemu Portugal, Prancis, dan Inggris.

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, membantah anggapan timnya sengaja finis runner-up grup demi menghindari lawan-lawan berat. Dia menegaskan keinginan melawan tim-tim hebat seperti Brasil.

"Kami mau menjadi yang pertama. Itu artinya kami akan menghadapi lawan yang finis sebagai runner up Grup H di babak 16 besar," kata Enrique.

"Selanjutnya di perempatfinal bisa bertemu kampiun Grup G. Itu bisa saja Brasil yang mana sangat bagus. Kami mau bermain menghadapi mereka," tuturnya.

(bay/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT