Piala Dunia 2022: Alisson Cadangan, Brasil Kebobolan

ADVERTISEMENT

Piala Dunia 2022: Alisson Cadangan, Brasil Kebobolan

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 03 Des 2022 16:30 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 28: Alisson Becker of Brazil during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group G match between Brazil and Switzerland at Stadium 974 on November 28, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Alex Livesey - Danehouse/Getty Images)
Alisson Becker absen di laga Kamerun vs Brasil. (Foto: Getty Images/Alex Livesey - Danehouse)
Lusail City -

Alisson Becker menorehkan clean sheet untuk Brasil di fase grup Piala Dunia 2022. Gawang Tim Samba kebobolan ketika kiper Liverpool itu jadi cadangan.

Alisson tampil sebagai starter dalam dua laga awal Brasil di Piala Dunia 2022. Dia menjaga gawang Selecao di pertandingan kontra Serbia dan Swiss.

Brasil sukses menyabet kemenangan dalam dua laga tersebut. Alisson bahkan mengawal gawangnya dengan sempurna tanpa kebobolan sama sekali.

Performa oke Alisson Becker ditunjang kukuhnya barisan pertahanan Brasil. Dua bek veteran, Thiago Silva dan Marquinhos menjadi benteng tangguh Tim Samba.

Brasil menghadapi 11 tembakan dalam pertandingan melawan Serbia dan Swiss. Tidak ada satu pun tembakan itu yang mengarah ke gawangnya Alisson.

Kemenangan atas Serbia dan Swiss mengunci tiket Brasil ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Selecao lantas menurunkan skuad kedua dalam laga penutup kontra Kamerun, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

Tite memarkir Thiago Silva, Marquinhos, hingga Alisson Becker. Ederson dipercaya menjadi pengawal gawang Brasil.

Absennya beberapa pilar Brasil membuat Kamerun leluasa melancarkan serangan. The Indomitable Lions menorehkan 7 tembakan percobaan, 3 di antaranya mengarah ke gawang.

Satu percobaan Kamerun berbuah gol jelang bubaran pertandingan. Vincent Aboubakar menanduk masuk bola ke gawang yang dikawal Ederson, sekaligus memastikan kemenangan Kamerun 1-0 atas Brasil.

Ini menjadi kekalahan pertama Brasil dalam 17 pertandingan di semua kompetisi. Tim Samba terakhir kali tumbang saat bersua Argentina di Copa America 2021.

Tite mengomentari kekalahan timnya dari Kamerun. Pelatih Brasil itu menyebut hasil ini merupakan tanggung jawabnya.

"Kamerun pantas mencetak gol dan memenangkan pertandingan, kami semua yang kalah. Persiapan kami dilakukan bersama-sama, meraih kemenangan bareng begitu pula dengan kekalahan, dengan pelatih Anda menjadi juru bicara dan salah satu yang bertanggung jawab," kata Tite dikutip dari media Brasil, Globo.

(bay/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT