Di Menit Akhir, Ghana Sudah Niat Bikin Uruguay Tersingkir

ADVERTISEMENT

Di Menit Akhir, Ghana Sudah Niat Bikin Uruguay Tersingkir

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 04 Des 2022 06:30 WIB
AL WAKRAH, QATAR - DECEMBER 02: Darwin Nunez of Uruguay reacts after challenged by Daniel Amartey of Ghana in the box during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Ghana and Uruguay at Al Janoub Stadium on December 02, 2022 in Al Wakrah, Qatar. (Photo by Clive Mason/Getty Images)
Ghana memang ingin tersingkir bareng Uruguay (Getty Images/Clive Mason)
Jakarta -

Di saat sadar sudah tak punya harapan bertahan di Piala Dunia 2022, Ghana berjuang keras mendorong Uruguay masuk "jurang". Hal tersebut diakui Daniel Amartey.

Uruguay sempat berada di atas angin saat mengungguli Ghana 2-0 pada babak pertama di matchday ketiga Grup H. Pada situasi itu, Le Celeste duduk di posisi kedua dengan 4 poin.

Situasi kemudian berbalik di penghujung laga. Hal itu terjadi setelah Korea Selatan memimpin 2-1 atas Portugal, yang membuat Uruguay harus menambah satu gol lagi demi bisa menempati posisi runner-up Grup H.

Pada situasi ini, Ghana juga sadar betul tidak bisa membalikkan keadaan. Terlebih, Uruguay menyerang dengan banyak pemain sampai para bek ada di pertahanan Ghana.

Amartey selaku pemain belakang Ghana kemudian meminta para rekannya untuk membantu perkuat pertahanan. Dia tak mau Uruguay menambah gol karena harus ikut tersingkir bersamaan.

Hal itu akhirnya terjadi. Uruguay tak bisa menambah gol dan skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Korea Selatan atas Portugal.

"Saya memberi tahu rekan satu tim, bahwa kami membutuhkan gol sekarang tetapi mereka membutuhkan gol saat ini juga, kami harus mempertahankan diri kami sendiri sehingga jika kami tidak bisa lolos, mereka juga tidak lolos," kata Amartey kepada BBC.

"Itu sulit karena Anda bisa melihat bek tengah mereka, semua orang datang (menyerang)."

"Uruguay membutuhkan satu gol untuk lolos dan Anda dapat melihat kami bertahan empat lawan lima atau tiga lawan dua, tapi kami berhasil bertahan," tegasnya.

Ghana punya kenangan pahit melawan Uruguay pada perempatfinal Piala Dunia 2010. Uruguay menggagalkan upaya Ghana mencetak gol setelah Luis Suarez menepis bola tepat di mulut gawang.

Ghana mendapatkan hadiah penalti, namun Asamoah Gyan gagal mengeksekusinya. Laga lanjut ke adu penalti setelah skor 1-1 tak berubah dan Ghana kalah dalam tos-tosan.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Merawat Hingga Akhir

[Gambas:Video 20detik]



(ran/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT