Nonton Aksi Mbappe Cs di Virtual Stadium Piala Dunia 2022

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar Bersama Es Krim Aice

Nonton Aksi Mbappe Cs di Virtual Stadium Piala Dunia 2022

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 05 Des 2022 14:00 WIB
Virtual Stadium menjadi suatu hal baru di Piala Dunia 2022. Bagaimana rasanya menonton laga secara online?
Foto: Lucas Aditya/detikcom
Jakarta -

Virtual Stadium menjadi sesuatu hal yang baru di Piala Dunia 2022. Bagaimana rasanya menonton Kylian Mbappe cs berlaga secara virtual?

Fasilitas dalam perhelatan di Qatar ini tak dibuka untuk umum. Virtual Stadium cuma ada di media center pusat Piala Dunia 2022, yang bertempat di Qatar National Convention Center.

Jumlah kursi tribune media dengan animo untuk datang langsung tak sebanding. Oleh karena itu, peliput Piala Dunia 2022 harus mendaftar ke FIFA agar bisa mendapatkan tiket untuk datang langsung ke stadion.

Di Stadion, tanda pengenal pemegang tiket akan dipindai untuk memastikan mendapatkan tiket laga atau tidak. Kalau tidak punya, maka indikator akan menunjukkan warna merah.

Kalau sudah mendapatkan email konfirmasi diterima atau ditolak, pewarta bisa mengajukan diri untuk masuk standby list. Tapi, tiket baru bisa didapat kalau ada pemegang tiket yang membatalkan.

Salah satu cara agar bisa mengikuti jalannya pertandingan Piala Dunia 2022, ya, dengan menonton di virtual Stadium. Sebuah layar besar, videotron, disediakan di salah satu ruang seperti bioskop. Layar itu menampilkan sudut pandang dari tribune media di stadion tempat berlaga.

Selain itu, ada juga satu visual lagi yang menampilkan setiap detik dari megatron di stadion. Semua kejadian di layar stadion juga bisa disaksikan langsung.

detik.com menjajal tontonan virtual itu saat Les Bleus menang 3-1 atas Polandia dalam partai babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Minggu (4/12/2022).

Secara virtual juga detik.com menyaksikan momen bersejarah Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium: Olivier Giroud menjadi pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah sepakbola Prancis dengan catatan 52 gol. Dia menggeser Thierry Henry.

Sementara itu, Kylian Mbappe menjadi pemain termuda Prancis yang mampu mencetak lima gol di fase gugur Piala Dunia dengan usia 23 tahun 349 hari. Mbappe mematahkan rekor Pele.

Meski ada suara suasana pertandingan, atmosfer stadion yang asli tetap tak bisa tergantikan. Keterbatasan kamera juga bisa membuat kejadian di setiap sudut tribune bisa terlewatkan.

Tapi, paling tidak, setelah laga selesai sesi jumpa pewarta juga bisa diikuti dari virtual stadium. Jatah bertanya juga diberikan untuk pewarta yang ikut dari jarak jauh.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT