Sembuhnya Van Gaal Jadi Inspirasi Belanda untuk Jadi Juara

ADVERTISEMENT

Sembuhnya Van Gaal Jadi Inspirasi Belanda untuk Jadi Juara

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 05 Des 2022 19:17 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 3: Coach Louis van Gaal of the Netherlands prior to the Round of 16 - FIFA World Cup Qatar 2022 match between Netherlands and USA at the Khalifa International Stadium on December 3, 2022 in Doha, Qatar (Photo by Pablo Morano/BSR Agency/Getty Images)
Van Gaal sukses melawan kanker prostat yang dideritanya. Foto: Getty Images/BSR Agency
Doha -

Belanda belum terkalahkan di Piala Dunia 2022 dan sejauh ini sudah menginjakkan kaki di babak perempatfinal. Perjuangan pelatih Louis van Gaal melawan penyakit rupanya menjadi insipirasi bagi Daley Blind dkk.

Seperti diketahui, Van Gaal menderita kanker prostat tingkat serius, namun baru diungkapnya pada April lalu, saat ia sudah menjalani terapi radiasi sebanyak 25 kali. Peristiwa itu membuat para pemain skuad Oranje kaget.

Sebelum itu, Van Gaal merahasiakannya. Tak ada yang menyadari bahwa ada kateter terpasang di balik jaketnya saat sesi latihan. Tak ada yang tahu bahwa ia sempat dirawat di rumah sakit seusai memimpin pertandingan.

Mengidap kanker di usia Van Gaal jelas mengerikan, namun ia mengaku perawatannya berjalan sukses, dan kini bertekad membawa Belanda menjadi juara dunia. Hal itu pun tertanamn di pikiran para pemain.

"Jelas hal itu menjadi pikiran kami. Sejak awal kami tak pernah tahu. Dia melakukan segala hal untuk merahasiakannya dari kami," ujar Blind soal penyakit Van Gaal, dikutip The Guardian.

"Dia bahkan pergi ke rumah sakit di malam hari, agar tidak menunjukkan kepada tim apa yang dia alami. Kami menghormati caranya menangani sakitnya kala itu., tapi pikirannya tetap tajam seperti biasanya."

DOHA, QATAR - DECEMBER 03: Daley Blind of Netherlands during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Netherlands and USA at Khalifa International Stadium on December 3, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images)Daley Blind. Foto: Getty Images/Matthew Ashton - AMA

"Dia adalah Louis van Gaal dan dia tak akan berubah. Apa yang kamu lihat, itulah dia, tak ada yang disembunyikan. Dia pribadi yang hebat dan kami senang dia ada bersama kami. Dia selalu tahu caranya menginspirasi para pemain."

"Sekarang hal itu tertanam di kepala kami, tapi kami juga tak perlu motivasi tambahan. Kami ingin memenangkan setiap laga, kami ingin bermain untuk pelatih kami dan kami ingin melaju sejauh mungkin," jelas Blind.

Belanda akan menghadapi Argentina di Lusail Stadium, Sabtu (10/12) pukul 02.00 WIB. Menarik ditunggu perjuangan tim Oranje menghadapi Lionel Messi dkk.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT